Jakarta – Pertama kali Roller Barrier atau roadblock dipasang di Indonesia, tepatnya di Cikidang, Kabupaten Sukabumi. Ini diketahui melalui layanan transportasi Jawa Barat @dishubjabar, yang diunggah pada Kamis (27/12/2018).

"Dipantau oleh Kadishub Jawa Barat, Pak Dedi Taufik, akhirnya pemasangan Roller Barrier (RB) dimulai," tulis akun di keterangan foto.

"RB akan dipasang sepanjang 60 meter dengan perkiraan waktu pemasangan 2-3 hari," tambahnya.

Untuk mengetahui rute Cikidang yang dikenal rentan terhadap kecelakaan, jalannya yang berliku dan dikelilingi jurang membuat kewaspadaan pengemudi menjadi perhatian besar. Pada bulan September bulan lalu, bus itu jatuh dan menyebabkan 21 orang meninggal.

Keberadaan Royal Barrier diharapkan dapat meminimalkan jumlah kecelakaan.

"Berdoalah untuk penduduk, agar proses instalasi akan berjalan dengan lancar dan hasilnya dapat bermanfaat untuk mengurangi kecelakaan di jalan-jalan utama antar kota dan antar provinsi yang berkelok-kelok dan melintasi jurang," tulis akun @dishubjabar.

Gagasan itu muncul dari Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil yang mengunggah di halaman Instagram-nya untuk memasang penghalang rol atau penghalang celah dari tabung silindris di sejumlah jalan di wilayah Jawa Barat, pada 11 September 2018.

Kang Emil, nama panggilan Ridwan Kamil, mengatakan bahwa teknologi itu diadopsi dari negara Korea Selatan. Dalam praktiknya penghalang tersebut diklaim lebih aman karena dapat menyerap energi tumbukan dan kemudian menjadi energi rotasi sehingga kendaraan dapat didorong kembali ke jalurnya.

[Gambas:Instagram]

(riar / lth)