Jakarta –

MotoGP 2020 sangat menarik dan penuh drama. Tidak hanya melahirkan 6 pebalap berbeda dari 7 balapan yang digelar, balapan musim ini juga berhasil melahirkan seorang pebalap overtaking handal bernama Joan Mir. Akankah Mir bisa tampil bagus lagi di MotoGP Catalunya akhir pekan ini?

Pembalap Suzuki Ecstar, Joan Mir, tampil sebagai primadona baru di ajang MotoGP 2020. Dari 2 seri terakhir MotoGP yang digelar, pembalap kelahiran Spanyol, 23 tahun silam, sukses naik podium sebanyak dua kali di Sirkuit Misano. Mir juga memanaskan persaingan perebutan gelar juara musim ini karena hanya terpaut 4 poin dari Andrea Dovizioso di puncak klasemen.

Satu hal yang akan diingat setiap mendengar nama Mir adalah soal menyalip, terutama jelang finis. Di MotoGP San Marino misalnya, Mir sukses menggagalkan peluang Valentino Rossi naik podium. Pekan berikutnya di MotoGP Emilia Romagna, Mir bahkan menyalip dua pebalap (Pol Espargaro dan Fabio Quartararo) sekaligus untuk merebut podium kedua.

Berbicara soal statistik, dari 7 seri yang digelar, Joan Mir tak tuntas menyelesaikan balapan. Ia tercatat sudah dua kali mengalami DNF (Did Not Finish) dan lima kali finis di lima besar. Mir juga mencatatkan tiga podium di MotoGP Austria, MotoGP San Marino dan MotoGP Emilia Romagna.

Dikutip dari Marca, Mir mengaku karakter balapnya sangat jago menyalip. “Saya senang memiliki kemampuan ini. Menyalip tidak akan pernah menjadi masalah bagi saya. Bahkan jika harus berjuang untuk naik podium, risikonya lebih besar,” kata Mir.

Mir mengaku secara mental, melakukan gaya balap seperti ini akan lebih melelahkan ketimbang 'normal'. ras. “Sebagai seorang pembalap, kamu harus berani dan menyerang. Jika tidak, pembalap di belakang akan 'menyerang' kamu. Banyak faktor yang bisa membuat kamu jatuh atau gagal. Kamu semakin gugup dalam situasi ini,” jelas Mir .

Dalam hasil free practice MotoGP Catalunya I yang digelar sore ini, Mir mencatatkan performa yang impresif. Ia menjadi pembalap tercepat ketiga dan hanya kalah dari Fabio Quartararo dan Andrea Dovizioso di posisi pertama dan ketiga.

Bisakah Joan Mir & # 39; berebut & # 39; lini depan belakang didominasi oleh Yamaha, Ducati dan KTM?

Tonton video "6 Pemenang dari 7 Balapan, Vinales: Champion Masih Terbuka Hingga Akhir Musim"
[Gambas:Video 20detik]
(lua / din)