Jakarta – Valentino Rossi harus memulai seri perdana MotoGP 2019 dengan susah payah. Rossi telah melihat kesulitan sejak hari pertama latihan bebas hingga akhirnya kualifikasi harus tersebar di tempat ke-14.

Itu berarti Rossi harus memulai balapan dari tempat ke-14, sangat berbeda dari rekan setimnya Maverick Vinales. Vinales sebenarnya dapat memulai balapan dari posisi pertama sehingga lebih mudah untuk mencapai podium.

Namun nyatanya kedua pembalap Yamaha tidak ada yang bisa meraih podium. Situasi sepertinya berbalik ketika balapan berlangsung. Rossi, yang memulai balapan dari peringkat 14, bahkan berhasil finis di peringkat kelima. Vinales yang memulai dari depan mengakhirinya di tempat ketujuh.

Rossi sendiri mengakui, ia dan timnya berusaha sebaik mungkin untuk menemukan pengaturan pada sepeda motor sesaat sebelum balapan dimulai. Itulah alasan Rossi bisa menyelesaikan balapan lebih baik dari Vinales.

"Kami terus bekerja untuk menemukan pengaturan terbaik yang sesuai dengan sepeda motor untuk balapan. Kami juga membuat beberapa penyesuaian. Saya senang dan ini adalah balapan yang baik, saya juga menikmati balapan dan mulai dari belakang tidak terlalu buruk," Rossi mengutip situs MotoGP, Senin (3/3/2019).

Meski begitu, Rossi juga menegaskan bahwa Yamaha masih terjebak dengan masalah yang sama seperti tahun lalu. Itulah yang membuat pabrikan dengan logo garpu tala masih sulit bersaing dengan Honda dan Ducati.

"Masalahnya adalah kita tidak terlalu berbeda dari tahun lalu, saya finis di tempat kelima dengan hanya 0,6 detik. Saya mencoba untuk naik podium tetapi tidak terlalu kuat," pungkasnya. (kering / rgr)