Jakarta –

Jangan remehkan mobil-mobil buatan Indonesia. Pasalnya, tak sedikit mobil yang diproduksi di dalam negeri kerap menjadi pilihan orang di luar negeri, bahkan salah satunya di Jepang.

Sebut saja seperti Daihatsu Gran Max. Mungkin banyak dari para detikers yang tidak tahu kalau Daihatsu Gran Max yang diproduksi di Indonesia sudah di ekspor ke Jepang sejak tahun 2007. Tak berhenti sampai disitu, kini Daihatsu Gran Max juga dijual memakai Mazda dan Toyota. pakaian di Jepang.

“Memang Daihatsu dan Mazda sudah bekerjasama di Jepang, Mazda menjual produk Daihatsu dengan merk Mazda di Jepang. Soal perbedaan produk di pasar domestik, Daihatsu dan merk Mazda disana mengikuti aturan dan regulasi disana atau di masing-masing negara. Mazda di Jepang berbeda dengan Gran Max di Indonesia, ”ujar Divisi Marketing Product Planning. Head of PT ADM, Anjar Rosjadi, pada acara Daihatsu Virtual Press Conference & # 39; Daihatsu Sales Update & Daihatsu Product Innovation & # 39; baru saja.

Direktur Pemasaran dan Corporate Planning & Communication Director PT Astra Daihatsu Motor (ADM) Amelia Tjandra juga menambahkan, Daihatsu dengan merek Mazda di Jepang mengusung mesin yang sama dengan yang ada di Indonesia.

Toyota Town Ace, kembaran Daihatsu Gran Max di ekspor ke Jepang untuk merk Toyota. Foto: Respon

“Basic engine-nya sama dengan 1.5L. Di Jepang sudah ada standar keselamatan, jadi Indonesia untuk bisa ekspor ke Jepang atau negara lain mengikuti standar negara tujuan. Jadi yang masuk ke Jepang adalah Gran Max Town. Ace, Lite Ace dan juga dijual Mazda. Sebagai orang ADM saya bangga, karena kalau suatu negara bisa ekspor ke Jepang itu prestasi bagi negara itu (eksportir), ”kata Amel.

“Saya masih ingat ketika saya ingin mengekspor Gran Max ke Jepang, banyak orang Jepang yang tidak percaya dengan kualitas Indonesia, mereka tahu Indonesia itu negara entah dari mana, mereka tahu itu negara terbelakang, saya mendapat tugas dari Tim Jepang, 'Amelia membuat video yang menjelaskan Indonesia bahwa kita layak ekspor ke Jepang ". Jadi kita terjemahkan tugas bahwa Indonesia memiliki hutan yang banyak, karena disini terdapat 17.000 pulau hutan, mereka tahu bahwa mall terbesar di ASEAN ada di Indonesia, sekolah bertaraf internasional punya lapangan golf di Jakarta. Jadi kami membuat video yang menjelaskan itu. Semuanya kita bicarakan dengan data yang kita kirimkan, yang diawasi oleh dealer-dealer Toyota di Jepang, melihat ada yang percaya silahkan datang ke pabrik Daihatsu, ”tambah Amel.

Amel juga mengatakan, Daihatsu Indonesia membuktikan kualitas pabrik Daihatsu di Indonesia sama dengan di Jepang.

“Saya ingat datang ke Akio Toyoda (President of Toyota Motor Corporation) akhirnya mereka melihat pabrik kami sama dengan di Jepang, karena sama dengan Toyota. Akhirnya kami bisa ekspor dan diterima, itu bangga. karena banyak merk lain yang diekspor ke jepang yang gagal, bahkan dari inggris kita berhenti, dari tahun 2007 sampai sekarang lho malah menambah merk daihatsu dan mazda ini suatu kebanggaan bangsa indonesia bisa ekspor ke jepang, "kata Amel.

Tonton Video "Mobil Listrik Termurah! Fitur-fiturnya Sangat Memuaskan"
[Gambas:Video 20detik]
(lth / rgr)