Jakarta –

Bagi detikers yang sedang menikmati liburan akhir pekan, tidak ada salahnya untuk mencuci mobil agar tampilan kendaraan kesayangan Anda selalu kinclong. Detikers tidak perlu khawatir tidak bersih karena dengan mengambil langkah yang tepat, mobil detikers akan tetap berkilau dan sejuk.

Di situs resmi Wuling Indonesia terdapat 6 cara mencuci mobil di rumah bergaya profesional yang bisa diaplikasikan dengan mudah. Penasaran betapa mudahnya, simak ulasan berikut ini:

1. Siapkan semua perlengkapan cuci

Agar tidak repot mondar mandir karena tangan penuh busa sampo mobil, sebaiknya persiapkan semua perlengkapan seperti selang air, ember, dan spon.

Coba siapkan tiga ember. Satu ember diisi campuran sampo mobil dan air, lalu ember lainnya diisi air bersih. Tujuannya agar kotoran bisa benar-benar bersih. Jika hanya menggunakan satu ember, ada kemungkinan kotoran di dalam mobil bisa kembali menyatu karena menggunakan ember yang sama.

Ember lain digunakan khusus untuk membersihkan ban. Jika bersentuhan langsung dengan permukaan jalan, ban dan pelek biasanya lebih kotor. Dengan menyiapkan ember khusus ini, Anda akan terhindar dari perpindahan kotoran pada ban ke bodi mobil. Jangan lupa juga disiapkan lap kering dan cairan poles mobil disekitar tempat anda mencuci.

2. Mulailah mencuci

Setelah semua perlengkapan siap, segera cuci mobil Anda. Anda bisa menggunakan spons untuk membersihkan seluruh permukaan mobil dengan campuran sampo dan air.

Pastikan sampo digunakan khusus untuk membersihkan mobil, agar tidak merusak cat mobil dan bagian eksterior lainnya.

3. Segera bilas dan keringkan

Cara mencuci mobil selanjutnya di rumah, setelah mengoleskan seluruh permukaan mobil dengan sampo, segera bilas mobil.

Hal ini dilakukan agar cairan sampo bekas tidak membekas di permukaan mobil. Anda tidak ingin cat mobil baru Anda terkena noda sampo berwarna putih, bukan? Segera lap mobil menggunakan kain bersih atau chamois.

Ilustrasi pada peringatan KAA ke-60, para delegasi menyiapkan mobil untuk mobilitasnya. Mobil-mobil ini selalu dirawat demi menjaga kenyamanan dan performanya. Sejumlah petugas membasuh mobil rombongan di tempat parkir JCC, Jakarta, Senin (20/4/2015). Agung Pambudhy / detikcom. Foto: Agung Pambudhy

4. Cuci ban

Setelah seluruh bodi mobil sudah dicuci dan dilap hingga bersih, Anda bisa mulai mencuci ban.

Ban tersebut sengaja dicuci terakhir karena letaknya di bagian bawah agar tidak berpotensi mengotori bodi mobil. Jika ada, siapkan sikat gigi saat mencuci ban. Ini dapat membantu Anda menjangkau di antara ban yang sulit disentuh dengan tangan Anda.

5. Poles mobil

Agar mobil tetap bersih dan berkilau, Anda bisa menggunakan cairan waxing. Ini membantu membuat cat mobil Anda terlihat lebih berkilau dari biasanya.

Penggunaan cairan lilin juga dapat menjaga cat mobil dari kotoran korosif yang menempel seperti kotoran burung. Gunakan juga cairan ini untuk memoles ban agar bersih lebih sempurna.

6. Bersihkan interior

Interior mobil adalah bagian yang paling banyak disentuh tangan. Untuk itu, Anda harus rajin membersihkannya secara rutin. Bisa menggunakan kain dan juga cairan pembersih interior yang aman. Hindari penggunaan hand sanitizer di interior karena kandungan alkohol di dalamnya berisiko merusak bagian dalam mobil.

Tonton video "Korsleting, MINI Cooper di Menteng Luka Bakar!"
[Gambas:Video 20detik]
(lth / din)