Jakarta –

Tesla Model 3 kembali menjadi sorotan setelah Ashanty membawa satu unit mobil yang dihargai di atas Rp 1 miliar ke garasi.

Ada banyak fitur canggih yang disematkan dari pabrikan mobil listrik termurah Elon Musk. Salah satu hal yang mengejutkan Ashanty adalah sistem tanpa kunci yang diusung oleh Tesla Model 3.

Karena mobil listrik ini tidak lagi menggunakan kunci, tetapi bentuknya seperti kartu.

"Kenapa, kuncinya seperti ini seperti kartu hotel?

[Gambas:Youtube]

Tesla Model 3 tidak lagi membutuhkan kunci untuk membuka pintu atau menghidupkan mesin. Sistem tanpa kunci Tesla Model 3 menggunakan teknologi Radio Frequency Identification (RFID) atau aplikasi pada telepon pintar.

Untuk kunci yang terlihat seperti kartu hotel, bagaimana Anda menggunakannya?

Pemilik Tesla Model 3 hanya perlu membawa sensor yang terletak di pilar B, mobil yang terkunci akan terbuka secara otomatis.

Bukan hanya membuka kunci pintu mobil. Kartu juga dapat menyalakan mobil. Caranya adalah dengan cukup memasang kartu ke konsol tengah.

[Gambas:Youtube]

Sejauh ini Tesla telah masuk ke Indonesia melalui importir umum, yaitu Prestige Image Motorcars. Tesla Model 3 di Indonesia dijual dalam tiga varian, yaitu Standard Range Plus, Long Range, dan Performance.

Varian Standard Range Plus memiliki penggerak roda belakang dengan akselerasi 0-100 km per jam dalam 5,3 detik dengan kecepatan maksimum 225 km per jam.

Sementara Long Range memiliki all-wheel drive (all wheel drive) dengan akselerasi 0-100 km per jam dalam 4,4 detik dan memiliki kecepatan maksimum 233 km per jam. Sedangkan untuk tipe Performance dengan all-wheel drive, ia memiliki akselerasi 0-100 km per jam dalam 3,2 detik dengan kecepatan maksimum 261 km per jam.

Jarak tempuh masing-masing varian juga berbeda. Klaimnya, Standard Range Plus mampu mencapai jarak hingga 386 km, Long Range dan Performa hingga 499 km dengan sekali pengisian.

Lihat video "Diintimidasi oleh netizen sejak kecil, Aurel Hermansyah menutup telinga"
[Gambas:Video 20detik]
(riar / din)