Jakarta – Berbagai merek mobil MPV ditawarkan di Indonesia. Tetapi tidak semua dari mereka berhasil menangkap hati rakyat. Anda bisa mengatakan itu sudah terjual selama bertahun-tahun, itu saja.

Misalnya Toyota Avanza. Memulai debutnya sejak tahun 2003, Avanza masih dapat mempertahankan posisinya di Indonesia. Tidak hanya itu, Avanza selama 15 tahun terburuk masih bisa berada di lima tempat teratas sebagai mobil terlaris di negara ini.

Pendatang baru menawarkan fitur-fitur canggih dan wajah yang lebih futuristik yang belum mampu mengguncang Avanza di puncak.

Avanza sedikit terganggu setelah Mitsubishi Xpander tiba pada Agustus 2017. Butuh waktu bagi MPV gaya SUV untuk mengganggu penjualan Avanza. Enam bulan setelah peluncuran awal, tepatnya pada Februari 2018 Xpander perlahan-lahan bisa menyalip penjualan Avanza.

Empat bulan berturut-turut Xpander merasakan manisnya mahkota mobil terlaris di Indonesia hingga akhirnya pada Juni Avanza membalikkan keadaan.

Tidak bertahan lama, Juli hingga September Xpander kembali ke keunggulan. Menjelang akhir tahun dan di tengah-tengah berita akan memiliki wajah baru, penjualan Avanza sebagai pedagang grosir seperti yang tercantum dalam data Gaikindo sebenarnya mencuat.

Total selama 11 bulan, Avanza hanya memimpin selama empat bulan sementara tujuh bulan sisanya diisi oleh Xpander. Tetapi jika Anda melihat angka penjualan, Xpander masih kalah dengan Otolovers. Dirangkum oleh detikOto, total penjualan Xpander selama 11 bulan adalah 70.679 unit.

Sementara Avanza lebih unggul dengan pencapaian 75.496 unit. Ini juga menyebabkan Avanza menjadi mobil terlaris pada tahun 2018 (Januari-November). (kering / bulan)