Jakarta – Pada hari Minggu pagi Presiden Joko Widodo (Jokowi) mengadakan kegiatan Sunday Morning Ride (Sunmori) di Pasar Anyar Tangerang, bersama dengan sejumlah pejabat pemerintah. Jokowi menggunakan sepeda motor Kawasaki W175 yang telah direkayasa oleh bengkel Katros Garage, Bintaro, Tangerang.

Sayangnya, motor yang dikendarai oleh lampu depan atau lampu utama tampak mati.

Meski menurut UU Nomor 22 Tahun 2009 tentang Lalu Lintas dan Angkutan Jalan Pasal 107 ayat dua, pengemudi wajib menyalakan lampu utama pada siang hari. Lalu, mengapa lampu depan motor Jokowi tidak menyala?

Andi Akbar alias Atenx menjelaskan, motor Jokowi telah diuji dan dilakukan scrutineering.

"Tadi malam (sebelum sepeda motor digunakan) diuji dan dicermati, (seharusnya) aman," kata Atenx, melalui pesan singkat kepada detikOto, Minggu (11/4/2018).

Bagi mereka yang tidak tahu, scrut atau scrutineering adalah sejenis proses pemeriksaan yang terkait dengan fungsi mengemudi perangkat keamanan. Misalnya, seperti cermin, pelat nomor, termasuk lampu.

"Jadi kalau hari ini (11/04/2018) tidak aktif, mungkin saya lupa menyebutkannya. Saya juga tidak jelas karena tidak ada di lokasi saat program berlangsung," jelas Atenx.

Atenx juga diminta bersabar untuk mengetahui lebih jelas alasan mengapa lampu sepeda motor Jokowi mati dalam aktivitas Sunmori.

"Nanti ketika ada info dari orang lapangan yang berpartisipasi dalam acara pagi ini, saya akan beritahu Anda," pungkas Atenx. (lua / kering)