Produsen mobil Jerman Audi pertama kali merilis model A2 pada tahun 1999 sebagai MPV gaya kompak sebagai hatchback empat atau empat pintu lima pintu. A2 dijual dari 1999 hingga 2005 dan pada awalnya didasarkan pada kendaraan konsep Audi AI2 yang pertama kali ditampilkan di Frankfurt motor show pada tahun 1997. A2 adalah penting karena dibangun dari aluminium. Dibangun dari aluminium, A2 membutuhkan jalur produksi khusus yang dibangun di pabrik Neckarsulm Audi.

Karena A2 adalah aluminium, A2 adalah kendaraan lima pintu pertama yang mampu konsumsi bahan bakar rata-rata kurang dari tiga liter per seratus kilometer. Angka-angka bahan bakar ini hanya berlaku untuk versi 3L yang dilengkapi dengan mesin diesel, gearbox otomatis, daya yang lebih sedikit dan ban yang sempit. Karena konstruksi aluminium A2 memiliki berat rata-rata sekitar seribu kilogram. Berat kendaraan sangat ringan mengingat seluruh cangkang cukup ringan untuk dua orang untuk dengan mudah mengambil jika diperlukan.

Audi A2 masih menggunakan konstruksi khas siapa pun yang dijuluki sebagai desain bingkai ruang Audi. Panel luar memiliki sedikit atau tidak ada fungsi struktural sama sekali sebagai bingkai ruang menanggung semua kekuatan yang bekerja pada kendaraan. Bingkai itu sendiri adalah kombinasi dari bagian-bagian cetakan dan elemen-elemen yang diekstrusi laser yang dilas bersama-sama untuk menyusun fondasi yang kuat untuk membangun. Sayangnya biaya memproduksi kendaraan dari aluminium berarti A2 pada dasarnya terlalu mahal untuk sektornya di lingkungan otomotif. Bersaing dengan model serupa seperti kelas Mercedes A berarti A2 tidak menawarkan pengembalian investasi tertinggi dan ini tercermin dalam angka penjualan sebagai Mercedes A kelas terus melebihi A2 pada tingkat sekitar empat banding satu.

Karena A2 adalah Pintu 5 Palka, interior telah dibuat untuk menawarkan ruang yang besar untuk kenyamanan dan pilihan penyimpanan. Audi memelopori banyak ide interior dan mengolahnya menjadi A2, termasuk dalam daftar ini adalah sistem penyimpanan lantai ruang, ini pada dasarnya adalah kotak yang ditempatkan di belakang kaki penumpang dengan baik, lantai palsu ganda di bagasi tempat barang-barang bisa disembunyikan. keluar dari garis pandang pencuri. Kursi belakang dapat dilepas dalam hitungan detik dan sandaran kepala tidak harus dilepas untuk melipatnya.

Ketika Audi menghentikan produksi A2 tidak ada penggantian langsung langsung di line-up mereka. Tidak sampai 2010 ketika Audi merilis A1 bahwa perusahaan kembali memasuki sektor MPV mini lagi. Ada rumor yang beredar sekarang tentang rilis ulang model A2 dengan prediksi tahun 2010 untuk produksi arus utama. Banyak desas-desus mengisyaratkan versi baru yang dirilis sebagai kendaraan listrik dengan kerangka baja daripada aluminium dari masa lalu. Kami harus menunggu dan melihat apa yang menjadi rumor di masa depan.