Mercedes Benz 230SL dan penerusnya 250SL dan 280SL (1963 – 1971)

Sebagai yang pertama dalam sejarah Mercedes Benz, mobil itu diperlihatkan kepada pers dua minggu sebelum diperkenalkan secara resmi pada 14 Maret 1963 di Geneva Automobile Show. Dengan cara ini dipastikan bahwa laporan mereka keluar pada atau sebelum tanggal peluncuran resmi mobil. Benz ini sangat ditunggu-tunggu dan tidak ada yang tahu, apakah itu akan mengikuti 300SL yang hebat atau 190SL yang populer. Itu tidak mengikuti keduanya. Ketika Prof Fritz Nallinger, chief engineer dan anggota dewan eksekutif, meluncurkan Mercedes Benz 230SL baru, secara internal disebut W 113, itu menciptakan semacam kejutan. Sebagai Erich Waxenberger, insinyur berbakat di bawah Rudolf Uhlenhaut pernah berkomentar, mobil itu muncul seolah-olah pohon telah jatuh di atasnya. Atapnya, baik … tidak biasa. Tapi bukan hanya atapnya yang membuat keributan, itu juga performa mobil. Semua orang mengharapkan pengganti 300SL yang legendaris.

Daimler-Benz tentu saja tegas dalam pendekatannya terhadap peran SL baru. Itu bukan 300SL atau 190SL. Ini adalah mobil sport touring berperforma tinggi dengan karakteristik penanganan superior yang dapat mengangkut dua penumpang plus barang bawaan mereka dalam gaya, kenyamanan dan sebagian besar dari semua keselamatan. Itu adalah Mercedes Benz sendiri. Untuk membuktikan aspek olahraga, Rudolf Uhlenhaut, selalu tersedia untuk ledakan cepat di sekitar kursus balapan, mendorong 230SL di sekitar sirkuit sepanjang 1,5 km dekat Montreux di hadapan pers. Yang paling mengesankan adalah supir Grand Prix Inggris Mike Parkes tidak dapat mengemudi lebih cepat. Mobilnya bukan SL, mobilnya adalah Ferrari 250GT Berlinetta!

Meskipun banyak fitur teknis mobil itu tidak baru sama sekali, itu adalah kombinasi dan peningkatan mereka yang membuat Benz ini istimewa. Gear yang sedang berjalan telah mengedarkan ball steering dan sistem rem sirkuit ganda. Rem cakram Girling dipasang ke as roda depan, sementara drum alpine yang dibantu vakum dipasang di bagian belakang. Untuk pertama kalinya dalam sejarah Mercedes Benz, mobil seperti itu dapat dipesan dengan power steering dan yang paling mengejutkan bagi sebagian besar jurnalis Eropa: transmisi otomatis. Mobil sport dan transmisi otomatis? Sangat tidak mungkin! Bukan hanya pers yang berpikir seperti itu, itu sama dengan sebagian besar publik Eropa. Tidak heran, sangat sedikit mobil seperti itu yang dijual di Eropa. Amerika sudah selangkah lebih maju, bagi mereka mobil sport kombinasi dan transmisi otomatis sangat masuk akal. Dan ketika Daimler-Benz memikirkan menjual sekitar 80 persen mobil di luar negeri, kelebihan ini tentu menguntungkan. Benz datang standar dengan manual empat kecepatan dengan rasio gigi 3,75: 1. Itu mirip dengan yang digunakan dalam 220SE tetapi dengan rasio gigi pertama lebih pendek 4,42: 1 bukan 3,64: 1. Ini harus memastikan akselerasi yang lebih cepat, tetapi tidak secara universal dihargai, sehingga pada tahun 1965 transmisi manual 250S / SE baru diadopsi.

Pada tahun 1967, dua tahun setelah peluncuran seri sedan 250, 230SL digantikan oleh 250SL. Mesinnya yang lebih besar mengurangi kinerja yang kurang bersemangat pada revolusi rendah. Sayangnya itu mengalami masalah keandalan pada kecepatan tinggi, bukan sesuatu yang pengemudi mobil terlalu geli untuk mendengar. Meskipun masalah ini dengan cepat ditangani, mobil itu juga terkenal karena konsumsi bahan bakarnya yang relatif tinggi. Setelah hanya satu tahun, itu digantikan oleh mesin 2,8 l yang lebih besar dan lebih kecil. Ini menawarkan 170 hp pada 5.750 rpm dibandingkan dengan 150 hp sebelumnya pada 5.500 rpm, juga memiliki torsi sedikit lebih dan ekonomi bahan bakar ditingkatkan.

Sementara biaya 250SL Benz di 22.800, – DM ($ 5.700, -) hampir sama dengan 230SL, 280SL adalah 1.500.- DM ($ 375.-) lebih mahal. Di AS biaya 280SL sekitar $ 7.500.-, tergantung pada ekstra. Pelanggan tidak keberatan, mereka menyukai paket dan berlari. Dalam lima tahun, Mercedes Benz 280SL berhasil menjual 23.885 unit, lebih dari separuh dari mereka pergi ke Amerika Utara. 230SL dijual di atas periode yang sama 19.813 unit.