Dengan penemuan mobil muncul keinginan untuk kecepatan. Mobil dengan cepat berevolusi dari praktis menjadi sporty untuk memuaskan keinginan mereka yang ingin balapan.

Mobil-mobil sport pertama mulai muncul pada akhir tahun 1940-an. Ferrari, Lotus, Jaguar dan Porsche semuanya memiliki desain mobil sport jalan. Ketika Anda memikirkan supercar saat ini, Anda memikirkan desain yang ramping, kecepatan tinggi, daya tinggi, dan bahkan label harga yang lebih tinggi serta mobil sport pada tahun 1940-an adalah langkah pertama menuju keajaiban teknologi saat ini.

Sepanjang tahun 1950-an dan awal 1960-an performa mobil sport mengalami kemajuan. 1954 melihat kedatangan Meredes 300 SL Gullwing – mobil jalan pertama ke atas 150mph. Itu mampu kecepatan tertinggi 165mph dan sekarang dianggap sebagai salah satu mobil klasik sepanjang masa.

The Gullwing pertama kali ditampilkan di 1954 New York Motor Show dan itu memukau publik. Ini memiliki pintu 'camar gull' yang khas dan terbuat dari bodi aluminium yang ringan. Gullwing memiliki mesin 3 liter dan 240bhp, dan pada masanya adalah mobil produksi tercepat yang tersedia.

1400 Gullwings dibangun antara 1954 dan 1957. Desainnya diganti oleh Roadster terbuka.

Ford-lah yang menciptakan apa yang diyakini banyak orang sebagai supercar pertama. GT40 mereka memulai debutnya di Nurburgring pada tahun 1964 tetapi tidak sampai 1966 bahwa Ford mengambil tempat mereka dalam sejarah balap Amerika dengan menyelesaikan Le Mans di posisi tiga teratas, mengalahkan Ferrari. The GT40 kini telah memenangkan lebih banyak ras bergengsi daripada mobil balap jalan lain dalam sejarah.

Lamborghini Miura membuat sejarah supercar karena itu adalah mobil produksi pertama yang menampilkan mesin yang dipasang di tengah (biasanya hanya terlihat pada mobil F1). Itu tampak sangat berbeda dengan mobil jalan mana pun yang datang sebelumnya. Miura diresmikan ke dunia pada tahun 1965 di Turin Auto Show oleh Ferrucio Lamborghini sendiri dan diberi nama setelah banteng jago Spanyol karena gaya tubuh yang agresif.

Dalam hal kecepatan murni, setelah judul 150mph diklaim, 200 mph adalah penghalang kecepatan hebat berikutnya untuk dicoba. Hadiah untuk itu pergi ke Ferrari F40 – mobil terakhir yang ditugaskan oleh Enzo Ferrari dan diumumkan pada ulang tahun ke-40 Ferrari.

F40 tersedia antara 1987 dan 1992. Kecepatan tertinggi adalah 201mph dan berhasil 0-60mph dalam 3,9 detik.

F40 dinilai oleh banyak orang sebagai supercar terhebat dari semuanya

Harga F40 mencapai lebih dari setengah juta pound selama akhir 1980-an dan bahkan sekarang memegang harganya dengan baik.

SSC Ultimate Aero TT (dibuat oleh Shelby Supercars) adalah mobil produksi tercepat di dunia saat ini dengan kecepatan tertinggi 257mph. Rekor Guinness World mencatat waktu mobil di 255.8mph. Versi 2009 dapat mencapai kecepatan 270mph dan dilaporkan untuk berakselerasi dari 0-60mph dalam 2,7 detik!

Teknologi modern telah memungkinkan penciptaan beberapa mobil yang menakjubkan. Mereka telah datang jauh tetapi belum di puncak desain sehingga masih harus dilihat apa mobil masa depan wow kita dengan.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here