Sejauh yang diperhatikan konsumen, sejarah Ford Mustang yang agung dimulai ketika ditunjukkan kepada publik di Pameran Dunia New York. Prototipe telah ada sejak tahun 1962, dengan Mustang 1 (T-5) pertama kali diperkenalkan ke dunia balap motor di Grand Prix Watkins Glen di mana Stirling Moss dan Dan Gurney mengendarainya untuk beberapa lap masing-masing sebagai demo. [19659002] Pada awal 1960-an, Ford sangat membutuhkan mobil baru untuk bersaing dengan Chevrolet Corsair Monza yang sporty, dan upaya pertamanya, Falcon Future, gagal bersaing. Mobil baru dibutuhkan, dan ide untuk Mustang lahir. Itu sporty dan cepat dan empat kursi. Itu menarik bagi anak-anak, dan prototipe diterima dengan baik ketika ditampilkan di sirkuit balap motor.

Ini mulai diproduksi pada tahun 1964, dan merupakan hit instan. Peluncurannya pada 17 April 1964 adalah awal dari apa yang menjadi mobil paling populer yang pernah ada dalam sejarah Amerika, dan terjual setengah juta pada tahun pertamanya. Pelanggannya termasuk setiap usia dan itu sama-sama populer untuk pria dan wanita.

Banyak bagiannya diambil dari Falcon yang gagal, dan kesuksesan langsungnya ada hubungannya dengan kampanye iklan yang hampir sempurna seperti yang ada hubungannya dengan penampilan dan kecepatan. Kekuatan iklan dari tiga jaringan televisi utama digunakan secara luas, dan dengan manuver dan ekornya yang khas melintasi merah, putih dan biru Amerika, 'Pony Car' adalah fenomena usianya, mewakili cita rasa tahun 1960-an lebih sempurna daripada para perancangnya yang pernah bermimpi mungkin.

Itu adalah mobil pada zamannya yang tiba dengan waktu yang sempurna. Kemudian untuk disebut 1964 1/2, Mustang asli tersedia sebagai konvertibel dan sebagai coupe, baik dengan fender chrome wrap-around, grill krom khas dengan kuda berlari, dan kap yang diperpanjang. Meskipun diklaim memiliki empat kursi, kursi belakang agak kecil dan juga memakai tiga lampu ekor di setiap sisi. Ini telah terjual satu juta pada 1966, meskipun sebelum itu GT dan model fastback telah diperkenalkan.

Mobil terus mengalami kemajuan, dan pada akhir tahun 60-an menjadi lebih panjang empat inci, dan jauh lebih berat daripada yang asli. , sebagian besar ini sebagai tanggapan terhadap pengembangan Chevrolet's Firebird dan Pontiac. Itu adalah Corvette, bagaimanapun, yang membawa Mustang ke arena balap jalanan. Mustang sangat populer, terutama dengan kaum muda, bahwa Ford putus asa untuk balapan melawan Corvette. Namun, hanya produksi dua kursi yang diizinkan untuk balapan, dan untuk memungkinkan mereka melakukan ini setidaknya 100 dua tempat duduk telah diproduksi pada bulan Januari 1965.

Hal ini dicapai dengan bantuan penggemar dan pembalap Mustang, Carol Shelby, yang memodifikasi 100 dari 2 + 2 model menjadi model GT 350, dalam proses melengkapi kembali mereka untuk membuat mereka lebih cocok untuk balap. Suspensi, roda dan rem semua dimodifikasi, dan mobil-mobil itu menjadi dasar dari banyak model masa depan yang bahkan sekarang banyak dicari.

Selama awal 1970-an Mustang kehilangan arah sedikit dan menjadi sedikit terlalu besar dan berat. Anugrah dan elang asli yang begitu menarik pengagum awal hilang, dan itu menjadi

hanyalah mobil lain. Bagian dari ini adalah karena peraturan emisi, tetapi penjualan turun begitu banyak sehingga Ford harus memikirkan kembali strategi desainnya dengan Mustang.

Mustang II diperkenalkan pada tahun 1974, dan meskipun itu kecil dan sangat kurang bertenaga, ia mengambil tempatnya dalam sejarah mobil karena terhenti penurunan penjualan. Itu dijual karena ekonomi dalam bahan bakar, dan embargo bahan bakar OPEC 1973. Orang-orang takut guzzler gas akan melukai kantong mereka, dan sementara itu pergi ke mobil yang lebih kecil. Namun, ini tidak berlangsung lama, dan 1975 membawa kembali mesin V8 ke Mustang. Namun, meskipun memiliki mesin 5 liter, karburatornya terlalu kecil dan catalytic converter dikombinasikan dengan itu untuk membuatnya tidak bernyawa.

Kemudian datang periode stabilitas relatif meskipun ada beberapa perubahan trim. Penggemar harus melihat akhir datang karena akhir 1970-an melihat sedikit peningkatan dalam penjualan, daripada penurunan model yang sekarang pantas. Versi Cobra II dan King Cobra tidak banyak memicu kembalinya ke masa kejayaan untuk tahun 1960-an, dan Ford membuat upaya terakhir untuk menulis ulang Mustang pada tahun 1979. Mustang baru tersedia sebagai coup 'atau fastback dengan sedikit lebih banyak ruangan di dalam daripada yang asli atau Mustang II yang bernasib malang.

Namun, kuda yang berlari telah pergi, dan lampu belakang kehilangan tiga segmen khas mereka: ini meluas menjadi enam, sedangkan daun kerang juga menghilang. Itu tidak lagi menyerupai Mustang! Perubahan terus dilakukan, dan Patroli Jalan Raya California menemukan penggunaan untuk model coupe khusus sebagai kendaraan pengejaran kecepatan tinggi. Dengan mesin 157 HP V8-nya, mobil ini digunakan oleh sejumlah agen penegak hukum hingga 1993, ketika Ford membunuh mereka.

Para penggemar salah, namun, dan pengembangan berlanjut karena Mustang sesuai dengan datangnya bahan bakar. injeksi, kantong udara dan perbaikan penting lainnya, meskipun konsep aslinya telah benar-benar hilang. Pada tahun 2005 Ford akhirnya membuang platform Fox kuno dan memperkenalkannya yang sekarang digunakan untuk Lincoln dan Thunderbird. Mustang terbaru telah kembali ke beberapa fitur asli, dan itu adalah keajaiban bahwa mobil telah bertahan begitu lama.

Tidak ada yang terlibat dalam tim pengembangan 1962 akan percaya bahwa Ford Mustang yang hebat akan tetap sekitar 45 tahun kemudian.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here