Austin – Komponen tambahan spoiler pada swingarm Ducati diprotes oleh Honda dan tiga tim lainnya. Tetapi kemudian bagian yang serupa akhirnya dipasang pada Honda RC213V yang dikendarai oleh pebalap Repsol Honda Team Marc Marquez.

Komponen yang disebutkan memiliki pengaruh pada aerodinamika telah dicoba oleh Marquez dalam sesi latihan bebas pertama di seri MotoGP AS, yang diadakan di Sirkuit Amerika, Austin, Jumat (12/4/2019).

Marquez juga menyatakan pendapatnya tentang komponen baru. Menurut pengendara yang dijuluki bayi alien itu, spoiler pada swingarm dapat menambah kekakuan pada sepeda motornya.

"Ya, tentu saja sudah jelas. Anda tahu, kami mencoba sesuatu di lengan ayun untuk kekakuan," kata Marquez. "Tapi saya merasa kita harus menganalisis, dan mengambil lebih banyak informasi tentang ini," katanya seperti dilansir Crash.

Menurut Marquez, salah satu hal yang membuat perbedaan sebelum dan sesudah spoiler dipasang pada titik pengereman. "Ini downforce. Jadi ini adalah hal yang aerodinamis, tapi kami masih perlu menganalisis lebih lanjut. Karena itu juga memiliki sejumlah poin negatif dan beberapa poin positif, jadi kami perlu memahami mana yang lebih baik untuk gaya mengemudi kami," kata Marquez.

Jika Anda tidak merasakan aerodinamika, bagaimana dengan perubahan suhu ban?

"Saya tidak memeriksanya, tetapi saya rasa tidak ada perbedaan besar dalam suhu ban," lanjut Marquez.

Karena merasa tidak ada pengaruh signifikan, Marquez akhirnya tidak menggunakan komponen ini pada Sabtu (13/4/2019).

"Kemarin kami mencoba perangkat baru untuk kekakuan swingarm. Tapi kami tidak menggunakannya karena itu adalah akhir pekan yang aneh, kondisi yang aneh, jadi kami hanya memilih untuk balapan, apa yang kami tahu dan kami miliki," pungkasnya. (lua / rgr)