Jakarta –

Fasilitas toilet pada kendaraan umumnya ditemukan pada kendaraan besar seperti bus umum, pesawat, atau campervan. Namun di India, fasilitas toilet ini dapat ditemukan di SUV (Sport Utility Vehicle), Mahindra Bolero.

Dikutip dari Rushlane, fasilitas toilet umum portabel di SUV ini adalah modifikasi dari Ojes Automobiles, Kerala. Modifikasi ini dilakukan sebagai solusi sehat bagi pemilik kendaraan yang menghindari toilet umum karena pandemi virus Corona.

Agar mobil ini dapat menginstal fasilitas, kursi baris ketiga harus dilepas untuk memberi ruang bagi toilet portabel. Kursi toilet dipasang menyamping. Untuk menjaga privasi, tirai gorden dipasang di kedua kaca samping, kaca belakang, dan di kursi baris kedua.

Seperti kursi toilet pada umumnya, toilet portabel ini juga dilengkapi sistem kontrol flush berbasis sentuhan. Ada motor listrik bertenaga 12V, yang menarik daya dari baterai kendaraan.

Selain itu, ada dua tangki aluminium, satu untuk menampung air bersih dan satu untuk membawa air limbah. Tangki terbuat dari aluminium dilapisi GRP yang diklaim tahan selama bertahun-tahun.

Juga dikatakan bahwa toilet portabel ini mirip dengan toilet vakum di pesawat. Ada juga ruang penyimpanan untuk sabun, handuk, dan pembersih tangan di bagasi. Untuk memasang fasilitas ini biayanya sekitar RS 65.000 (Rp 12 juta).

[Gambas:Youtube]

Lihat videonya "Ronny Nopirman, Pembuat Mobil Mewah Replika dari Bandung"
[Gambas:Video 20detik]
(lua / din)