Sepeda motor bebek atau cub bisa menjadi sangat baik di tahun 90-an

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA – Sepeda motor bebek atau cub adalah primadona di tahun 90-an hingga awal 2000-an, karena mereka menawarkan mobilitas praktis dibandingkan dengan motor kopling manual.

Tetapi karena skuter otomatis (skuter) memasuki pasar sepeda motor Indonesia, popularitas motor bebek perlahan memudar bahkan harga jualnya pun tidak terlalu tinggi.

Meskipun demikian, masih ada sejumlah orang yang memilih sepeda motor untuk mendukung mobilitas sehari-hari, baik sekolah atau mencari nafkah.

"Untuk ojek, pembeli anggaran yang biasa-biasa saja, untuk anak-anak sekolah atau orang tua, masih menyukai bebek sepeda motor, terutama yang bekas," kata Muslim menggunakan pedagang sepeda motor di daerah Cileungsi, Jawa Barat, Minggu (3/5).

Dia mengatakan, sulit untuk menjual sepeda motor dengan harga tinggi karena ada beberapa penggemar dan cenderung lebih suka model skuter.

Berikut model-model motor bekas dengan harga di bawah Rp4 juta pada tahun 2000 hingga sekarang:

Jupiter MX

Jupiter MX edisi pertama (2005-2010) dapat ditemukan dengan harga jual Rp3 juta, tergantung kondisi. Sepeda motor bergaya sporty ini masih mengincar sejumlah anak muda atau pekerja dengan anggaran yang tidak terlalu tinggi.

"Jupiter MX edisi pertama berkisar antara Rp. 3-4 juta, tergantung kondisi, surat dan kelengkapan pajak," kata Muslim.

Yamaha Jupiter Z, seri sebelum MX, juga tersedia dengan harga terjangkau di pasar sepeda motor bekas, yang dimulai dari Rp2,5 juta tergantung kondisi.

Honda Revo

Edisi pertama Honda Revo (2007-2009), kelanjutan dari Honda Supra Fit, menjadi salah satu motor bekas dengan harga jual Rp3 juta.

"Honda Revo kecil, model pertama Rp3 juta. Masih banyak yang suka karena ekonomis dan part-partnya mudah," katanya.

Sementara Honda Revo Absolute dapat ditemukan di pasar sepeda motor bekas dengan harga Rp4 juta ke atas.

Yamaha Vega-R

Vega-R adalah sepeda motor kelas entry level sebagai pesaing Honda Supra Fit dan Revo.

Vega diproduksi pada 2001-2003 sebagai penerus model Crypton. Model Vega dilanjutkan dengan Vega R (2003 – 2006) dan kemudian Vega ZR dan Vega Force yang masih diproduksi sampai sekarang.

Di pasar sepeda motor bekas, Vega generasi pertama dihargai Rp2 juta, sedangkan generasi kedua dimulai dari Rp3 juta.

Honda Blade 110

Honda Blade 110 dijual dengan harga rata-rata Rp4 juta di pasar sepeda motor bekas. Sementara versi lainnya, Blade 125 masih di atas Rp. 5 juta dengan kondisi lengkap.

Suzuki Titan

Motor yang muncul pada 2010 adalah perpaduan dari model bebek sebelumnya, Smash dan Shogun. Efektivitasnya adalah mengadopsi Smash sementara gaya sportifnya mengikuti jejak Shogun.

Di pasar sepeda motor bekas, Anda dapat menemukan Suzuki Titan dengan harga mulai dari Rp. 3-4 juta.

"Delapan tahun menjual motor bekas, hanya mendapat Titan setahun lalu. Harganya Rp3,8 juta saat itu," kata Muslim.

Suzuki Smash

Smash adalah sepeda motor di kelas entry level yang diaspal dari tahun 2002.

Pesaing Yamaha Vega R dan Honda Supra Fit kini dijual dengan harga Rp2 juta.

"Suzuki Smash adalah pangkalan pengemudi taksi sepeda motor favorit, selain Honda Revo. Harga yang pertama hanya Rp. 2 juta sudah dapat menghasilkan uang," kata Hamdan, penjual sepeda motor bekas lainnya di Cullinan.

Seri Honda Supra (Supra FIT, Supra X dan Supra 125 sebelum Injeksi)

Honda Supra pertama kali muncul pada tahun 1997 dengan nama Astrea Supra. Model kedua diberi nama tambahan Supra X yang kini rata-rata dijual seharga Rp2 juta di pasar sepeda motor bekas.

Masih dari keluarga Supra, edisi pertama dan kedua Supra Fit juga dijual dengan harga bekas Rp2 juta.

Sedangkan Supra 125 atau generasi ketiga (2005) dijual dengan harga bekas Rp4 juta ke atas sesuai ketentuan.

Sementara model Honda New Supra X 125 atau model Supra Batman, harga jualnya masih masuk akal, yaitu Rp. 5 juta – Rp. 7 juta.

Supra terus diproduksi hingga sekarang dengan nama Supra GT-R dan Supra X 125 FI.

Model lain

Selain model yang disebutkan di atas, masih ada jenis lain dari output sepeda motor dari tahun 2000 dan di atas dengan harga terjangkau di pasar sepeda motor bekas, termasuk Honda Charisma, Kawasaki Blitz dan Kaze-VR 125, Suzuki Shogun ke Satria 2-tak

sumber: Antara