Jakarta –

[Gambas:Video 20detik]

Jika dipesan, PT Citra Marga Nusaphala Persada Tbk (CMNP) siap membangun jalur sepeda motor khusus di jalan tol tahun ini di Medan dan Bandung. CEO CMNP Tito Sulistio membenarkan ini.

"Jika dipesan sesuai PP 44 (Peraturan Pemerintah No. 44 tahun 2009) kami akan siapkan. Ini berarti tol khusus bermotor adalah tambahan untuk mobil (seperti di Bali). Ya, ada jalur khusus (untuk sepeda motor) sesuai dengan PP 44/2009., "Kata Tito kepada detikOto, Jumat (2/8/2019).

Namun, menurut pengamat transportasi dari Universitas Soegijpranata Semarang, Djoko Setijowarno, mengatakan bahwa mimpi membangun jalan tol untuk sepeda motor hanya akan menimbulkan masalah baru.

"Ini adalah contoh dari solusi yang salah bagi penduduk yang tinggal di pinggiran kota, tidak diberi jalur sepeda motor ke kota. Itu pada akhirnya mendukung kemacetan lalu lintas kota," kata Djoko detikOto melalui pesan singkat.

"Meningkatkan bahan bakar boros dan meningkatkan polusi," tambah Djoko.

Djoko mengatakan, daripada membangun jalur khusus sepeda motor di jalan tol, lebih baik bagi pemerintah untuk memprioritaskan penggunaan transportasi umum. Menurutnya, rute khusus untuk angkutan umum di jalan tol lebih baik daripada sepeda motor.

"Sebagai negarawan, harus ada rute khusus untuk angkutan umum di jalan tol sehingga tidak menyebabkan kemacetan di kota," kata Djoko singkat.

Plus Minus Motor memasuki jalan tol Foto: Zaki Alfarabi (riar / ddn)