Jakarta – Pemerintah berencana untuk mengizinkan sepeda motor memasuki jalan tol. Pengendara motor yang mengendarai moge sangat mendukung langkah besar ini.

Elang Harley-Davidson dari Principal Dealer for Children di Jakarta, Sahat Manalu, mengatakan lebih aman untuk memasuki jalan tol, bahkan menurutnya, dapat mengurangi jumlah kecelakaan lalu lintas bagi pengguna.

"Menurut saya, memasuki jalan tol untuk keluar kota sebenarnya mengurangi jumlah kecelakaan," kata Sahat kepada wartawan di HUT ke-2 di Kelapa Gading, Jakarta Utara, Minggu (24/2/2019).

"Sejauh ini jalan tol sudah masuk atau tidak tidak terbatas pada cc tetapi dari jumlah roda. Motor Harley-Davidson ini roda dua tetapi cc seperti mobil," lanjut Sahat.

Namun, Sahat mengatakan bahwa kebijakan tersebut sangat didukung untuk jalan tol atau luar kota. Karena kondisi jalan tol dalam kota sudah tidak mungkin dan pengendara motor mungkin suka melakukan perjalanan jarak jauh.

"Saya sangat setuju tetapi untuk jarak di luar kota, misalnya, kami ingin pergi ke Jawa melalui jalan tol. Karena lebih melalui jalan tol yang tertib. Tapi di jalan tol kota itu tidak perlu," lanjut Sahat. .

Lebih lanjut ia menjelaskan di luar negeri, pengendara motor di Indonesia jarang mengalami kecelakaan karena mereka melewati jalan tol.

"Motor besar sedang menangani, daya tanggapnya tidak langsung, jadi kalau di jalan normal dan tiba-tiba ada motor keluar dari gang, itu sering kecelakaan," kata Sahat.

Hal yang sama juga diungkapkan oleh Wakil Sekretaris Jenderal Harley Owner Group, Irawan. Dia meminta pemerintah untuk memperhatikan keselamatan pengendara jika mereka menyetujui wacana tersebut. Baginya, aturan keselamatan penting bagi pengendara di jalan raya.

"Jika saya benar-benar setuju, tetapi itu perlu dibatasi untuk cubication sepeda motor cc, tidak semua sepeda motor memasuki jalan tol. Mungkin dengan 600 ke atas, setidaknya 1.000, karena jika terlalu kecil, maka membingungkan dan sulit diatur, "kata Irawan.

"Karena jika kita melihat ke luar negeri, sepeda motor yang melintas di jalan raya melihatnya bagus dan menikmati jalan tetapi juga harus mematuhi peraturan lalu lintas," kata Irawan. (riar / kering)