Jakarta – Mengedarkan video di halaman Facebook bahwa bagian belakang mobil pickup dicor atau disemen untuk menghindari karat. Alasan lain terungkap bahwa mobil itu digunakan oleh pemilik untuk mengangkut ayam, sehingga lebih mudah saat membersihkannya dari kotoran.

Jusri Pulubuhu selaku Pendiri Jakarta Defensive Driving Consulting (JDDC) mengatakan bahwa kondisi ini akan menambah beban kendaraan, dan menimbulkan dampak negatif pada pengemudi dan pengendara lainnya.

"Ketika mobil mengalami beban berlebihan atau volume berlebih, maka akan berdampak negatif, termasuk dampak ekonomi dari konsumsi bahan bakar akan lebih besar, karena beban kerja mesin lebih berat, umur komponen terkait lainnya seperti ban, suspensi akan lebih pendek dalam hidup., "kata Jusri kepada detikOto.

Selain itu, dari sisi keamanan juga tidak bisa dihilangkan. "Dalam hal keamanan kelebihan muatan, efek semacam ini akan memiliki efek yang kadang-kadang jika tidak dapat diterima oleh batas kendaraan, maka kekuatan ini akan memiliki konsekuensi negatif," kata Jusri.

Jusri mengatakan ada semacam gaya lateral, kondisi ini akan mempengaruhi beban lateral antara empat roda.

Dalam arti bahwa saat pengereman atau berbelok ada kemungkinan salah satu roda depan akan kekurangan cengkeraman, understeer, atau oversteer sebagai hasilnya.

"Inilah yang harus diperhatikan pengemudi ketika mobil tidak dapat menampung muatan, sehingga mobil akan kehilangan kendali," kata Jusri.

(riar / lth)