Perlombaan dapat ditonton di YouTube dan Faceook Hondaisme pada pukul 20:00.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA – PT Honda Prospect Motor (HPM) bekerja sama dengan HM Engineering mengadakan Honda Racing Simulator Championship (HRSC). Saat ini, mat telah memasuki seri ketiga yang akan mengundang pembalap simulator (simracer) untuk bersaing di sirkuit Silverstone.

Direktur Inovasi Bisnis dan Pemasaran & Penjualan HPM, Yusak Billy mengatakan, kompetisi akan diadakan pada 1 Agustus 2020 dan dapat ditonton di akun YouTube dan Facebook resmi Hondaisme pada pukul 20:00 WIB

"Pada seri kedua minggu lalu, simracer bersaing dengan antusiasme yang besar dan terlihat dari perbedaan waktu yang sangat tipis dan nama-nama baru muncul di sepuluh besar. Kali ini kami akan membawa para peserta untuk bersaing di sirkuit virtual baru, sirkuit Silverstone, semoga mereka dapat terus memberikan kinerja terbaiknya untuk mengumpulkan poin sebanyak mungkin, "kata Billy dalam pernyataan pers kepada Republika.co.id, Jumat (31/7).

Di kelas Amatir, Riyan Adisaputra yang berada di seri pertama dan tidak masuk sepuluh besar secara tak terduga mampu langsung naik ke puncak dengan catatan waktu 22 menit 9.834 detik di seri kedua dengan 25 poin. Sedangkan Alfan Dani di posisi kedua berhasil naik satu podium dengan selisih waktu hanya 00.417 detik dengan Riyan dan mendapatkan 20 poin tambahan.

Selain itu, Raditya Hendarmo juga berhasil naik ke posisi ketiga dengan waktu 22 menit 15.447 detik dengan tambahan 16 poin.

Sedangkan di kelas Professional, Andika Rama Maulana masih memegang posisi teratas dengan waktu 41 menit 57.941 detik sehingga ia kembali mendapatkan 25 poin tambahan. Demikian pula, Jaka Siswoyo yang bersaing sangat ketat sehingga ia menghasilkan selisih waktu hanya 00.015 detik dengan Rama Maulana, yang membuatnya mendapat 20 poin tambahan.

Di posisi ketiga masih ditempati oleh Ferris Stanley dengan catatan waktu 41 menit 58.733 detik dengan 16 poin tambahan.

HRSC adalah acara yang diperkenalkan oleh Honda Juni lalu dan menjadi ajang balap simulator pertama yang diadakan oleh pabrikan otomotif di Indonesia. Lomba tur virtual ini segera menarik perhatian pecinta balap dan gim di Indonesia, di mana lebih dari 200 pendaftar ikut serta dalam babak kualifikasi yang diadakan dari 15 Juni hingga 4 Juli 2020.

Saat ini, sebanyak 60 pembalap telah mengambil bagian dalam acara HRSC yang telah diselenggarakan dalam dua seri di sirkuit virtual Suzuka dan Sepang. Seri lanjutan HRSC akan diadakan lagi setiap akhir pekan dan berlangsung di berbagai sirkuit virtual internasional hingga seri final pada 29 Agustus 2020.

Tidak hanya balap touring virtual, Honda juga akan memperkenalkan game balap Drift berdasarkan aplikasi game mobile. Game berjudul "Brio Virtual Drift Challenge" yang menghadirkan kehebohan kompetisi Drifting menggunakan Honda Brio sendiri akan diluncurkan pada Agustus 2020.

"Sesuai dengan semangat Everyone Can Race yang kami bawa, kami percaya bahwa platform digital dapat membawa kesenangan balap kepada lebih banyak orang, terutama selama pandemi yang menyebabkan banyak pembatasan pada kegiatan di luar ruangan," katanya.