Jakarta – Pembalap MotoGP Valentino Rossi rupanya memiliki minat sendiri dalam bermain mobil, terutama di reli. Bahkan, ia berencana untuk mencoba Reli Dakar.

Belum diketahui kelas apa yang akan dia ambil. Namun yang jelas Rossi ingin membuktikan bahwa ia tidak hanya pandai mengendarai sepeda motor. Rencana itu akan dilakukan Rossi setelah pensiun di MotoGP.

"Paris Dakar. Ketika saya berhenti dengan MotoGP, saya ingin mencoba melanjutkan dengan mobil karena telah menjadi gairah besar saya," katanya di Jakarta, Senin (4/2/2019).

"Paris Dakar adalah balapan yang sangat menyenangkan. Jadi mengapa tidak?"

Memang, lebih banyak persiapan akan dilakukan. Tapi itu tidak mematahkan semangat Rossi untuk menyadari rasa penasarannya. "Ini akan semakin sulit karena ada banyak hal yang harus disiapkan. Tapi saya sangat penasaran untuk mencobanya. Mungkin, jangan mengesampingkan kemungkinan itu, saya akan coba suatu hari nanti," lanjut Rossi.

Diketahui, Rossi telah melakukan debut MotoGP-nya selama 19 tahun. Saat itu, balap motor premium masih disebut GP 500cc. Rossi memperkuat tim Honda dan turun pertama di GP Afrika Selatan pada 19 Maret 2000.

Sejak memenangkan gelar pertama di musim balap 2001, antusiasme Rossi terhadap aspal tampak tak terbendung. Ia menang 5 kali berturut-turut, yaitu pada 2001, 2002, 2003, 2004, 2005, 2008, hingga 2009. Tidak berhenti, pria kelahiran Italia ini terus menuai kilau.

Rossi juga sudah beberapa kali mencoba ngebut dengan mobil reli.

Sementara kejuaraan Dakar Rally adalah salah satu olahraga ekstrim yang pesertanya menggunakan berbagai kendaraan. Mulai dari mobil, truk, hingga sepeda motor. Jelas, ada setiap kelas yang dibagi menjadi jenis kendaraan dan ukurannya. Biasanya, jalur yang dipilih dalam kejuaraan ini adalah jalan berpasir dan bergelombang. Sehingga menjadi hiburan yang lebih menantang dan menarik bagi penonton. Tidak sedikit peserta yang mengalami cedera.

[Gambas:Video 20detik]

(ruk / ddn)