Jakarta – Mengendarai sepeda motor saat hujan memang salah satu hal yang tidak bisa dihindari dari pengendara. Namun masih banyak dari mereka yang tidak sadar akan keselamatan, terutama di kaki.

Cukup sering banyak dari mereka melupakannya, alih-alih melihat kepraktisannya dengan menggunakan sandal. Instruktur Safety Driving yang dilatih oleh Astra Honda Motor Hendrik Ferianto mengatakan tidak dianjurkan terutama ketika hujan harus menyelamatkan sepatunya dan menggantinya dengan sandal.

"Tidak dianjurkan, menggunakan sandal saat mengendarai sepeda motor, hanya masalah kesadaran diri untuk meminimalkan risiko," kata Hendrik saat dihubungi oleh detikOto.

Lebih lanjut, Hendrik mengatakan, menggunakan sepatu atau alas kaki yang menutupi hingga pergelangan kaki akan semakin mengurangi risiko kecelakaan, ketimbang menggunakan sandal.

"Ada dua hal yang menjadi perhatian, pertama untuk menghindari kontak dengan aspal, dan yang kedua untuk menghindari kontak dengan panas mesin," kata Hendrik.

Hendrik juga mengatakan bahwa alternatif lain bisa digunakan seperti menggunakan sepatu bot atau sarung tangan anti air hujan untuk sepatu, yang telah dijual di pasaran.

Selain sepatu, perangkat lain yang tak kalah penting adalah pemilihan jas hujan. Hendrik mengatakan lebih aman menggunakan model dua potong daripada model ponco.

Meskipun kepraktisannya lebih unggul daripada model ponco, beberapa Instruktur Mengemudi Keselamatan masih tidak merekomendasikan Otolovers. (riar / kering)