Sistem immobilizer di VW dan Audi mencegah mesin berjalan kecuali kunci yang sah digunakan, dan kuncinya dicocokkan dengan benar ke berbagai komponen di dalam kendaraan. Komponen-komponen tersebut adalah sebagai berikut: pengontrol mesin (ECU, PCM atau komputer mobil), kluster instrumen dan kunci kontak.

Di Amerika Serikat dan Kanada, hanya mobil yang dijual setelah tahun 2000 yang dilengkapi dengan sistem immobilizer, di Eropa dan bagian lain dari immobilizer dunia digunakan bahkan sebelum tahun 2000.

Dealer VW dan Audi dapat mencocokkan kunci ke mobil Anda, dan juga bengkel reparasi independen seperti bengkel reparasi lingkungan Anda juga dapat mencocokkan kunci ke mobil dengan peralatan khusus VW dan Audi. Prosedur ini perlu dilakukan saat mendapatkan kunci baru, mengganti kluster instrumen atau mengganti komputer mobil atau ECU.

Ada 5 generasi immobilizer di VW dan Audi:

Immo-1: hanya ditemukan di Eropa dan beberapa VW Meksiko, dan digunakan dalam mobil yang dibuat sebelum tahun 2000

Immo-2,3 dan 4: ditemukan di mobil di seluruh dunia, SKC diperlukan atau cara untuk mendapatkan kode SKC dari cluster

(SKC tersedia dari dealer atau dapat diekstrak dari cluster EPROM)

Immo-5: hanya ditemukan di Audi tertentu (R8, A6 dan A8) mulai tahun 2008 dan 2009

Setelah mendapatkan kunci baru, kunci harus dicocokkan dengan mobil Anda (ecu dan cluster), remote control alarm juga harus sesuai dengan mobil.

Sistem Immobilizer juga dapat dihilangkan sama sekali dengan menyetel atau mengganti perangkat lunak dalam ecu atau komputer mobil.