Pengguna skuter diminta mencabut baterai saat tidak digunakan dalam waktu lama

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA – Kendaraan roda dua yang parkir terlalu lama di garasi dan tidak digunakan akan membuat kondisi motor menjadi tidak baik dan dapat mengurangi performa ketika akan digunakan kembali.

Di tengah seruan dari pemerintah untuk tinggal di rumah untuk memutus rantai penyebaran wabah virus korona, seringkali banyak pecinta roda dua terutama pecinta skuter metic lupa untuk merawat kendaraan mereka yang terlalu asyik parkir di garasi.

Berikut adalah lima tips bagi pecinta Vespa untuk melakukan perawatan mandiri di rumah selama periode PSBB dan dapat menjadi kegiatan menunggu berbuka puasa.

1. Putuskan sambungan baterai jika Vespa tidak digunakan dalam waktu lama

Mencabut baterai jika Anda berencana untuk tidak menggunakan Vespa dalam waktu lama adalah solusi untuk menghemat baterai. Karena jika tidak dicabut, listrik dari baterai akan terus mengalir sehingga bisa habis.

"Pencabutan baterai Anda dari Vespa Anda hanya dilakukan jika Vespa tidak akan digunakan dalam waktu 1 bulan atau lebih. Pencabutan ini cukup untuk melepaskan kabel dari kutub negatif baterai, dan jika baterai harus dilepas dari kendaraan memastikan bahwa baterai Vespa disimpan di tempat yang sejuk, kering, jauh dari sinar matahari dan benda yang mudah terbakar, "kata PT Piagio Indonesia dalam keterangan resminya, Senin (27/4).

2. Panaskan Vespa secara teratur

Pemilik kendaraan dianjurkan untuk selalu memanaskan kendaraan mereka secara rutin sehingga mesin selalu melumasi dengan baik sehingga kinerja mesin tetap optimal setiap kali dibutuhkan.

Cara yang baik untuk memanaskan Vespa adalah dengan memanaskannya sekitar 5 menit untuk membuat oli bersirkulasi sehingga bagian dalam mesin terlindung dari karat.

3. Perawatan ban

Ban adalah bagian penting untuk selalu dirawat bahkan ketika tidak digunakan secara rutin. Ini untuk memastikan daya tahan ban dan tetap bisa memberikan kinerja dan stabilitas yang baik saat Vespa digunakan.

Gunakan pengukur tekanan ban untuk memeriksa tekanan angin pada ban dan periksa dengan cermat kondisi fisiknya. Selalu gunakan standar tengah ketika sepeda motor diparkir di rumah untuk menghindari tekanan berlebih pada ban untuk waktu yang lama.

"Jangan lupa untuk menyediakan pangkalan di bagian bawah roda depan agar ban tidak bersentuhan langsung dengan lantai. Ini bisa membuat tekanan angin di ban tidak mudah berkurang. Ban karet juga akan terpengaruh," kata pernyataan resmi.

4. Perhatikan kebersihan motor

Ketika Anda memiliki lebih banyak waktu di rumah, pastikan Vespa Anda lebih baik dirawat dengan menyeka atau mencuci sendiri. Selain membuat pembersih Vespa, Anda akan lebih berhati-hati dalam menemukan kemungkinan kerusakan seperti lecet atau goresan pada tubuh atau bagian-bagian mesin yang merembes oleh minyak, minyak rem, atau cairan radiator.

Selain itu, seperti yang diinformasikan oleh WHO, virus COVID-19 memiliki periode bertahan hidup untuk periode tertentu tergantung pada bahan permukaannya. Untuk alasan ini, penting bagi kita untuk berjaga-jaga dengan memperhatikan kebersihan Vespa setiap saat.

5. Gunakan peralatan yang tepat untuk mencuci

Cuci Vespa Anda menggunakan sarung tangan atau kain microfiber agar tidak menyebabkan goresan pada tubuh. Bilas Vespa Anda dengan air mengalir perlahan dan mulai dari atas lalu ke bawah dengan hati-hati. Selanjutnya bersihkan permukaan mesin, knalpot dan roda. Hati-hati dengan komponen listrik saat mencuci Vespa.

Setelah dicuci, Vespa perlu dikeringkan dengan baik untuk mencegah karat dan korosi. Untuk pengeringan Anda dapat menggunakan kain mikrofiber untuk mengurangi risiko lecet atau goresan pada tubuh Vespa.

PT Piaggio Indonesia dalam kondisi ini terus memantau dan mendukung kebijakan pemerintah mengenai pencegahan wabah COVID-19 dan selalu mengundang publik untuk #DiRumahAja dan berbagi hal-hal positif di media sosial melalui kompetisi konten digital #LiveMoreAtHome.

Seluruh program adalah bagian dari komitmen PT Piaggio Indonesia untuk terus memberikan layanan dan pengalaman terbaik bagi pelanggan secara virtual di tengah-tengah wabah COVID-19.

sumber: Antara