Jakarta – Skuter otomatis skala besar populer di kalangan masyarakat Indonesia. Tidak heran pabrikan sepeda motor merilis sepeda motor di segmen tersebut. Pilihan mesin yang ditawarkan tidak hanya satu. Mulai dari 125 cc seperti Yamaha Lexi hingga 500cc dan ke atas ada kapasitas.

Tetapi yang cukup populer adalah 150cc dan sekarang mulai menyebar ke 250cc. Ada tiga model mesin skuter 250cc yang ditawarkan di pasar Indonesia yaitu Yamaha Xmax, Kymco Downtown 250i, dan baru-baru ini Honda Forza.

Yamaha Xmax Foto: Khairul Imam Ghozali

[Gambas:Video 20detik]

Honda Forza agak terlambat datang ke Indonesia. Karena pesaing Yamaha Xmax telah datang setahun sebelumnya. Kymco juga sama. Downtown 250i Skutik juga datang ke Indonesia pada tahun 2017 dan juga menandai kembalinya Kymco ke Indonesia. Kymco Downtown 250i Foto: Dadan Kuswaraharja

Datang nanti bukan berarti Honda Forza telah kehilangan minatnya. Honda pada November 2018 mengklaim bahwa Forza telah dipesan sebanyak 900 unit.

Memiliki mesin berkapasitas sama, harga ketiga motor itu bervariasi. Melirik situs resmi Yamaha Indonesia, Xmax dijual dengan harga Rp. 57,8 juta.

[Gambas:Video 20detik]

Berbeda halnya dengan Kymco Downtown 250i. Saat dipamerkan di International Motor Show 2017 (IIMS) 2017, sepeda motor Taiwan itu dijual dengan harga Rp. 68 juta. Belum diketahui apakah Kymco mengalami kenaikan harga atau tidak. Karena situs resmi di Indonesia, Kymco belum termasuk harga Downtown 250i.

Foto Honda Forza: Agung Pambudhy
Lain lagi dengan Honda Forza. Diluncurkan sejak Agustus 2018 di Gaikindo Indonesia International Auto Show (GIIAS), Honda mengumumkan harga Forza pada bulan November. Forza dengan harga Rp. 76,5 juta. (kering / ddn)