Hobi balap mobil slot dinikmati oleh orang dewasa dan anak-anak. Meskipun secara teknis hobi, balap mobil RC dianggap oleh beberapa orang sebagai olahraga. Mobil-mobil yang digunakan dalam perlombaan mobil slot biasanya hanya versi miniatur dari mobil stock kehidupan nyata.

Mirip dengan mobil "Roda Panas", mobil-mobil ini memiliki motor listrik di dalamnya dan mereka berlari di lintasan balap mobil slot. Sementara banyak orang menikmati hobi ini hanya sebagai masa lalu yang menyenangkan, yang lain menganggapnya sangat serius dan akan berusaha keras untuk membuat mobil mereka sendiri atau memodifikasi mobil yang dibuat secara komersial sehingga itu akan tampil maksimal.

Dunia balap mobil slot terdiri dari berbagai penggemar balap yang berbeda. Beberapa, seperti anak kecil, memilih untuk hanya membalap slot mobil yang dibuat secara komersial di ruang bawah tanah atau garasi di suatu tempat. Orang lain akan pergi ke ekstrim untuk berpartisipasi dalam balapan yang dipublikasikan yang membutuhkan mobil yang dibuat atau dimodifikasi secara khusus yang tampil pada tingkat tinggi yang biasanya tidak terlihat dalam hobi balap mobil RC.

Sebagian besar dari kompetisi balap mobil slot ini membayar uang baik kepada pemenang. Mereka yang tidak tertarik dengan mobil slot balap kompetitif dapat memilih untuk hanya mengumpulkan mobil dan akan bekerja untuk membuat jalur slot balap mobil khusus, serupa dengan yang diproduksi oleh penggemar kereta api model.

Ada jenis jalur khusus yang digunakan dalam balap mobil slot. Trek datar dengan alur, atau slot, yang membentang di tengahnya. Strip logam menjalankan lintasan di kedua sisi slot dan menyediakan sumber tenaga untuk kendaraan saat bergerak. Motor listrik tegangan rendah menerima kekuatannya ketika kontak dengan strip logam di lintasan.

Sopir memiliki pengontrol yang dia pegang di tangannya; Namun, itu hanya mengendalikan kecepatan kendaraan. Ini sangat penting, bagaimanapun, untuk tujuan menjaga kendaraan di trek. Keluar dari jalur akan mendiskualifikasi pengemudi dalam lomba yang kompetitif.

Traksi magnet digunakan untuk membantu menjaga kendaraan di lintasan selama perlombaan mobil slot. Ini legal, tetapi tidak disukai oleh banyak penggemar balap kendaraan RC. Hal ini karena banyak yang merasa bahwa itu menghilangkan keuntungan dari ayunan belakang kendaraan dan kemampuan untuk menggunakan propulsi untuk mendapatkan keuntungan di sekitar kurva. Mereka juga merasa itu mengambil jauh dari pemberitahuan asli dan tantangan balap mobil RC.