Jakarta –

Sampah dari lapisan kaca pebalap MotoGP & # 39; Helm tersebut membuat dua pebalap Pramac Ducati, Jack Miller dan Francesco Bagnaia, gagal finis di MotoGP Emilia Romagna di Misano, Italia, tadi malam. Mereka menyalahkan lapisan, yang disebut robekan, menjadi penyebabnya.

Jack Miller mengeluhkan motornya sudah mati tenaga sejak lap 2. Diselidiki motor Ducati Desmosedici GP20 yang ditunggangi Miller terhalang lapisan sobek Fabio Quartararo. Sobekan Quartararo menutupi filter udara mesin.

"Saya sangat sedih karena saya memulai dengan baik dan kami bisa mendapatkan balapan yang bagus, kami memiliki semua kondisi yang tepat untuk melakukannya," ujar Miller seperti dikutip dari Speedcafe.

Helm Quartararo & # 39; Tempat Sampah Pelapis Kaca Bikin Motor Ducati Crash Foto: Instagram Jack Miller

"Sayangnya, ini bukan salah siapa-siapa, sungguh hari yang sangat tidak beruntung karena bocor ke airbox."

Lapisan sobek yang menutupi filter udara mengganggu pemasukan udara ke mesin. Jadi, Miller merasa motor itu tidak bertenaga.

Sementara itu, Bagnaia harus menyelesaikan balapan sebelum finis karena kecelakaan samping yang ringan. Pembalap yang akrab disapa Pecco ini mengaku kecelakaan itu merupakan hal yang aneh.

“Tabrakannya tidak biasa, ketika saya melihat datanya, kecepatan, tanjakan, gas, dan treknya sama. Saya rasa saya menabrak sesuatu seperti sobek (lapisan plastik pada kaca helm-Merah) atau benda kotor di trek, "Pecco menjelaskan.

Tear off biasanya digunakan pada helm balap. Lapisan plastik berfungsi untuk melindungi kaca helm dari goresan yang mengganggu jarak pandang pengendara.

Helm pembalap MotoGP biasanya dipasang dengan beberapa bagian yang sobek. Jika salah satu sobekan bagian luar tergores dan mengganggu jarak pandang, pembalap dapat merobeknya dan membuang sobekan tersebut. Pemandangan menjadi jelas kembali saat sobekan bagian luar dihilangkan dan menyisakan beberapa sobekan lembaran lain yang menutupi helm. Namun, sampah sobekan itulah yang menyebabkan masalah bagi Pecco dan Miller di MotoGP tadi malam.

Sobek lapisan pada pelindung helm. Pada balapan MotoGP, pelindung helm biasanya dilapisi dengan beberapa lembar sobek. Foto: Rangga Rahadiansyah

Selain digunakan untuk balapan, sobekan juga bisa digunakan untuk perjalanan jauh seperti touring. Saat melewati jalur berdebu atau banyak truk, lapisan sobek semakin melindungi kaca helm. Beberapa bahkan menggunakan sobekan untuk helm harian mereka.

Sobekan umumnya dipasang pada helm dengan pelindung datar. Ada tiang sobek di kedua sisi pelindung helm untuk memasang sobekan.

Tonton Video "Kejutan Jack Miller di Kualifikasi MotoGP Austria"
[Gambas:Video 20detik]
(rgr / din)