Jakarta –

Toyota Motor Corporation (TMC) memiliki dua Yaris dengan versi berbeda, untuk spek balap GR Yaris, dan versi SUV Yaris Cross. Setelah Yaris terbaru hadir di Indonesia pada Selasa (8/9), apakah kedua model tersebut akan meluncur ke Indonesia?

Direktur Pemasaran PT Toyota Astra Motor (TAM) Anton Jimmi belum bisa membeberkan lebih jauh soal kehadiran kedua mobil yang sudah diumumkan di Jepang tersebut.

Soal produk saya tidak bisa berkomentar banyak. Kita selalu bicarakan produk baru ini dengan prinsipal, jadi saya tidak bisa bilang sebelum diputuskan atau akan diluncurkan. Jadi baik Yaris GR maupun Cross Belum bisa berkomentar, "kata anton saat konferensi virtual, Selasa. (8/9).

GR Yaris adalah mobil performa yang dikembangkan dari ajang balap World Rally Championship (WRC) 2020. Mobil ini akan resmi diluncurkan pada 16 September 2020 di pasar domestik Jepang.

Di balik kap mesin, varian tertinggi GR Yaris dibekali mesin G16E-GTS 1.618 cc turbo direct injection 3 silinder DOHC. Mesin ini mampu menghasilkan tenaga hingga 200 kW dan torsi 370 Nm yang disalurkan melalui transmisi manual 6 percepatan. Sistem penggeraknya sendiri adalah 4WD.

Foto Toyota GR Yaris: Respon

Mempertanyakan harga resminya, mobil tersebut dijual dengan kisaran harga 2.650.000 Yen atau Rp. 367,6 juta untuk (varian RS) sampai 4,560,000 Yen (Rp 632,6 juta) untuk tipe "High Performance".

Meski belum diluncurkan, Anton mengakui permintaan mobil tersebut sudah banyak dari konsumen Toyota di Indonesia.

Berbicara mengenai Yaris GR global akan diluncurkan secara virtual pada 16 September. Tentunya sudah ada pertanyaan dan permintaan dari dealer, konsumen khususnya Yaris GR,

Toyota Yaris Cross Foto: dok. Toyota

Terutama konsumen yang berlatar belakang penggemar mobil balap atau mobil sport. Yaris GR memang menarik, karena Yaris GR di desain untuk mengikuti WRC, jadi ini mobil balap yang sangat menarik, konsumen juga banyak yang tertarik. Kami akan belajar, "lanjutnya.

Sementara itu, Toyota masih memikirkan untuk mendatangkan Yaris Cross. Mobil tersebut dijual mulai dari 1.798.000 yen hingga 2.815.000 yen (Rp 250 juta-Rp 390 juta).

Yaris Cross ditawarkan dengan beberapa pilihan. Ada yang menggunakan mesin bensin 1.5 liter Dynamic Force Engine berkode M15A-FKS dengan transmisi transmisi langsung CVT, ada pula yang versi hybrid dengan sistem Toyota Hybrid System II. Versi mesin bensin menawarkan opsi penggerak roda depan (FWD) dan 4WD. Sedangkan versi hybrid juga hadir dengan opsi FWD dan E-Four atau penggerak empat roda elektrik.

“Kita akan pelajari prospek Yaris Cross,” pungkas Anton.

Tonton Video "Alasan Toyota Recall Mobil Innova dan Fortuner"
[Gambas:Video 20detik]
(riar / rgr)