Tangerang –

UD Trucks Indonesia mengklaim siap dengan peraturan standar emisi Euro4 untuk mesin diesel di Indonesia. Namun di sisi lain, peningkatan standar ini juga akan berdampak dengan naiknya harga jual kendaraan.

"Menurut peraturan, ini April 2021. Kami siap, karena mesin dasar kami sudah Euro3, bukan Euro2. Jika dari Euro3 ke Euro4 hanya perlu satu langkah, bahkan menjadi Euro V," kata Marketing dan After Sales Direktur Layanan PT UD Astra Motor Indonesia Aloysius Chrisnoadhi di BSD, Tangerang Selatan, Rabu (26/2/2020).

Chris menambahkan bahwa peningkatan standar emisi juga akan berdampak pada kenaikan harga jual kendaraan. Meski begitu, ia sedang mempersiapkan langkah strategis agar harga tidak naik terlalu tinggi.

"Harga harus naik mengikuti standar euro yang lebih tinggi, mereka harus memiliki implikasi untuk harga, pasti. Hanya masing-masing memiliki strategi untuk bagaimana harga ditangani, masing-masing langsung ke harga, tetapi perusahaan tidak akan mau kehilangan pasar, "kata Chris.

Peraturan emisi Euro IV melalui Peraturan Menteri Lingkungan Hidup dan Kehutanan (Permen) No 20 / Setjen / Kum.1 / 3/2017 yang dikeluarkan pada 10 Maret 2017, akan berlaku untuk mesin berbahan bakar diesel pada tahun 2021.

Chris mengatakan untuk mematuhi standar Euro4 perubahan paling hanya terjadi pada sistem pembakaran bahan bakar.

"Sistem bahan bakar telah berubah paling banyak. Sangat ramah lingkungan. Prosesnya sedang berlangsung dan pengujian sedang berlangsung," kata Chris.

Lihat video "Japek Fly Toll Diperbaiki, Jadi Tidak Membuat Mual?"
[Gambas:Video 20detik]
(riar / rgr)