Jakarta –

Balapan MotoGP 2020 kembali memberikan kejutan pada MotoGP Prancis yang basah kemarin (11/10/2020). Selain balapan yang dimenangi Danilo Petrucci, Alex Marquez dan Honda mendapatkan podium pertama mereka musim ini.

Prestasi adik Marc Marquez ini juga heroik di trek basah. Ia memulai balapan di posisi ke-18 dan berhasil menyelesaikan balapan di posisi ke-2.

Meski Alex hanya memiliki sedikit pengalaman di trek basah, sama seperti pembalap muda seperti Fabio Quartararo dan Joan Mir. Sebaliknya, mereka berjuang untuk finis di 10 besar.

Banyak yang mengira Alex diuntungkan dengan cuaca, namun pria kelahiran Spanyol ini membantah.

"Saya tidak merasakan keuntungannya, podium di tengah hujan tidak terlalu penting. Tapi itu membuat Anda tetap percaya. Saya melakukan lompatan ke MotoGP pada waktu yang tepat dan kami melakukannya dengan baik," kata Alex kepada DAZN.

Bukan berarti Alex tidak menikmati kemenangan ini. Ia bertekad untuk kembali naik podium di trek kering untuk membuktikan upaya dan kerja kerasnya selama ini.

"Saya sangat senang dengan podium ini juga, tetapi sekarang kami harus mengulanginya dengan datar. Ini adalah kunci untuk menjadi cepat dan berada di kelas MotoGP. Jadi, kami maju selangkah demi selangkah, tetapi kami harus menyatukan semuanya," dia berkata.

Meskipun dia finis ke-2 dengan start di urutan ke-18, Alex berharap mendapatkan hasil kualifikasi yang lebih baik. Diakuinya, tampil seperti akhir pekan lalu tidaklah mudah.

"Kami perlu lebih baik lagi di kualifikasi, mulai dari peringkat 18 sangat sulit. Tapi sangat senang tim yang sangat membutuhkan hasil ini," ucapnya.

Alex pun membeberkan apa yang mampu membuatnya bisa menguasai motor saat hujan. Dia menyaksikan beberapa balapan kakaknya saat balapan di trek basah menggunakan motor Honda.

"Saya tahu bahwa sepeda motor di trek basah akan bagus, saya sudah sering melihatnya di balapan basah]Marc dan kami harus melakukan sisanya, "tutup Alex.

Alex terpaut 1,2 detik dari pemenang lomba Danilo Petrucci. Sementara Pol Espargararo tertinggal 1,7 detik dari Petrucci.

Tonton Video "Alex Marquez Gaspol: Start ke-18, Kedua di MotoGP Prancis"
[Gambas:Video 20detik]
(rip / lth)