Los Angeles – Mobil listrik kembali menjadi perbincangan di komunitas dunia. Berbagai pabrikan otomotif berlomba menghasilkan kendaraan listrik, mulai dari pabrikan Jepang hingga benua Eropa.

Tapi tahukah Anda, bahwa teknologi kelistrikan telah ada selama 100 tahun? Dilansir dari New York Times, Jumat (12/4/2019), kendaraan listrik sebenarnya sudah ada sejak 1 abad yang lalu. Jay Leno, seorang komedian Amerika bahkan memiliki tiga koleksi mobil listrik jadul yang lahir pada 1900-an.

Laporan New York Times mengatakan bahwa pada tahun 1914 Detroit Taxicab and Transfer Company telah mengoperasikan armada taksi listrik hampir 100 unit.

Beberapa nama perusahaan mobil yang sukses pada waktu itu adalah Baker Electrics, Detroit Electrics, Rausch & Langs dan beberapa produsen mobil menghasilkan kendaraan yang cenderung mudah dikendarai dan dapat diandalkan.

Pada masa itu, taksi listrik menjadi pemandangan umum di jalan-jalan Amerika. Wanita menyukainya lebih dari mobil bertenaga uap dan bensin. "Ini adalah mobil yang digunakan wanita untuk berbelanja," kata Jay Leno, yang dikenal memiliki koleksi barang antik.

Bahkan istri Henry Ford adalah pengguna mobil listrik. Clara mengendarai mobil 1914 dari Detroit Electric Brougham hingga 1930-an.

Joy menyebut desain mobil listrik ketika tidak se-modern seperti sekarang ini. "Bentuknya menyerupai kotak telepon raksasa," kata Jay Leno. Dia menggambarkan powertrain atau motor penggerak yang dulunya berukuran semangka diletakkan di bawah mobil.

Didukung oleh 12 baterai alkaline Edison dimuat dengan 6 volt ditempatkan di bagian depan dan belakang penutup mobil.

"Mobil dapat berjalan sekitar empat hingga lima jam setelah diperiksa, kecepatannya sekitar 20-25 mil (30 hingga 40 km / jam). Jarak yang dapat ditempuh berkisar antara 110 mil (177 km)," jelas Leno.

Namun ada cerita lain yang terungkap, meski usia mobil listrik tersebut bahkan lebih tua. Mengutip dari energy.gov, Jumat (11/4/2019) Ferdinand Porsche, pendiri sportscar ini bahkan membuat mobil listrik bernama P1 pada tahun 1898.

Sekitar waktu yang sama, ia menciptakan mobil listrik hybrid pertama di dunia, kendaraan yang ditenagai oleh listrik dan mesin gas.

Namun, Henry Ford memberi pukulan telak pada mobil listrik. Diperkenalkan pada tahun 1908, model T bertenaga bensin konvensional semakin diminati dan harganya lebih terjangkau. (riar / ddn)