Jakarta – Honda menggelar pesta CBR Raceday (ICE Day) Indonesia lainnya di Sirkuit Sentul pada 9 Desember 2018. Sebagai seri terakhir tahun ini, acara ICE Day dihadiri oleh 250 starter dari berbagai daerah di Indonesia dan memenangkan hadiah total Rp. 55 juta.

Dalam siaran pers Honda disebutkan, ICE Day kali ini dimeriahkan oleh kehadiran pembalap dan mekanik dari Tim Honda Racing Astra (AHRT) yang memiliki pengalaman di balap internasional.

AHM General Manager Perencanaan & Analisis Pemasaran A. Indraputra mengatakan bahwa Honda CBR yang memiliki DNA racing adalah pilihan utama untuk pecinta kecepatan. Meningkatnya jumlah penggemar yang mendaftar untuk seri terakhir ICE Day yang sebelumnya memiliki 200 pembuka untuk 250 pemula menunjukkan antusias pecinta kecepatan sepeda motor Honda yang sedang tumbuh. Kehadiran Tim AHRT di acara ini tentu akan memberikan pengalaman baru bagi pecinta motor Honda.

"Acara CBR Race Day ini adalah jawaban bagi para pecinta seri CBR yang ingin mengalami sepeda motor berkinerja tinggi dengan konsep Total Control di trek balap. Kehadiran tim AHRT yang baru saja memenangkan prestasi di Asia Road Racing Championship tentu akan memberikan pengalaman yang positif dan berkesan bagi pecinta seri CBR, "kata Indraputra.

Sebelum melakukan balapan, peserta menerima klinik pelatihan terkait dengan teknik balap seperti mempercepat, menikung dan mengerem dari pembalap Astra Honda Racing Team (AHRT) yang baru saja menang di kelas AP250 di 2018 Asia Road Racing Championship, Rheza Danica Ahrens .

Setelah sesi pelatihan coaching, para peserta dibagi menjadi dua kelas yaitu 150cc dan 250cc. Setiap kelas terdiri dari dua kategori, yaitu komunitas dan non-komunitas. Kelas komunitas dibagi menjadi tiga level, level A, level B, level C dan pemula. Sementara untuk kategori non-komunitas, peserta dibagi menjadi dua level, yaitu tingkat pemula dan tingkat lanjut. Pembagian level ini ditentukan berdasarkan waktu braket yang dihasilkan selama sesi kualifikasi.

Seri modifikasi seri CBR tidak lepas dari seri ICE Day. Mengambil tema baut pada modifikasi, acara ini dihadiri oleh 25 peserta dari komunitas CBR dari Jakarta, Banten dan daerah Jawa Barat.

Dari kreativitas modif yang dilakukan oleh komunitas, tiga karya modifikasi terbaik dari juri diunggah ke media sosial Honda Community dan yang terbaik 1, 2 dan 3 akan dipilih berdasarkan jumlah "suka" tertinggi yang dipilih oleh komunitas. Selain itu, pengubah juga mendapatkan pengetahuan dari pengubah profesional yaitu Alit Susanto dari Layz Motoshop dan juga M. Firdaus yang merupakan pemenang pertama Tantangan Modifikasi Virtual CBR250RR pada sesi pelatihan pembinaan.

Berbagai kegiatan juga hadir untuk memeriahkan acara Hari Balap CBR ini, seperti berbagai permainan menarik bagi para bikers yang dapat menumbuhkan kebersamaan di antara anggota masyarakat. Selain itu, Safety Riding Challenge juga hadir dalam bentuk tes slalom dan tes keterampilan papan sempit. Dari tantangan tersebut, 3 dari peserta terbaik akan dipilih untuk mendapatkan berbagai hadiah menarik. (ddn / ddn)