Jakarta –

Nasib buruk menimpa pembalap Tim Repsol Honda, Marc Marquez, dalam seri perdana MotoGP 2020 yang digelar di Sirkuit Jerez, Spanyol, Minggu (19/7). Marquez jatuh saat balapan menyisakan 4 lap.

Ini menjadi tragedi bagi Marquez, karena ia jatuh setelah berserakan ke nomor 17 dan berjuang dengan sekuat tenaga untuk menembus posisi ketiga. Pada awal putaran, Marquez kehilangan kendali atas sepeda motornya dan keluar jalur. Tapi dia bisa pulih dan kembali beraksi.

Setelah berjuang untuk mengejar satu demi satu pembalap di depannya, Marquez akhirnya mampu menembus posisi tiga tepat di belakang Maverick Vinales dan Fabio Quartararo yang berjalan sendirian di depan tanpa lawan.

Namun sial, momen yang semula dianggap sebagai titik kebangkitan Marquez untuk bisa naik podium sebenarnya justru terjadi sebaliknya. Marquez mengalami kecelakaan sisi tinggi dengan kecepatan sekitar 150 km / jam. Menurut pengamat MotoGP Joni Lono Mulia, kecelakaan itu diduga disebabkan oleh kondisi ban belakang sepeda motor Marquez yang terkikis. Sepeda motor Marquez menggunakan ban belakang tipe lunak.

Dalam kecelakaan itu, Honda RC213V bernomor 93 telah melambung ke udara dan membanting keras ke lintasan sampai berhenti di area kerikil.

Sepengetahuan Anda, dalam kamus MotoGP, kecelakaan yang dialami Marquez termasuk dalam kategori sisi atas. Kecelakaan ini terjadi karena roda belakang kehilangan traksi. Kecelakaan ini umumnya berakibat fatal, karena roda belakang menjadi liar dan tidak terkendali.

Roda belakang yang tidak terkontrol membuat pengendara terpental pada saat yang sama membanting. Akibat kecelakaan ini, tidak jarang pengemudi mengalami cedera serius.

MotoGP Spanyol itu sendiri akhirnya dimenangkan oleh pembalap Yamaha SRT Petronas, Fabio Quartararo. Di posisi kedua dan ketiga diikuti oleh pembalap Yamaha Energy Monster, Maverick Vinales dan pembalap Ducati Andrea Dovizioso.

Hasil MotoGP Spanyol 2020:

Quartararo
Vinales
Dovizioso
Tukang giling
Morbidelli
P.Espargaro
Bagnaia
Oliveira
Petrucci
Nakagami
Zarco
A.Marquez
Bahan pengikat
Potongan harga
Smith

Lihat videonya "Marc Marquez Betah di Honda, Jangan Pindah"
[Gambas:Video 20detik]
(lua / rgr)