Jakarta –

Ada beberapa jenis plat nomor kendaraan atau Tanda Nomor Kendaraan Bermotor (TNKB) yang unik. Salah satunya plat nomor kendaraan tanpa huruf belakang yang bisa jadi identitas unik pemiliknya, lho.

Namun, untuk bisa memiliki plat nomor kosong seperti itu tidaklah mudah. Seperti yang diungkapkan Vinnie Kinetica Rumbayan (28) yang harus menunggu bertahun-tahun untuk memilikinya.

“Karena ingin punya, akhirnya saya ke Polda untuk menanyakan plat nomor ini dan selalu kosong (saya tidak bisa memiliki plat nomor kosong dibagian belakang). Apalagi angkanya bagus, rapi dan kecil. Untuk bisa punya plat nomor kosong saya cari selama 2-3 tahun. Saya temukan semuanya, "kata Vinnie.

Namun keberuntungan tetap ada pada Vinnie, karena di luar dugaan ada seorang teman yang menjual piring kosong kepadanya.

“Seiring berjalannya waktu akhirnya saya beli plat nomor 4 digit dulu (tanpa huruf dibelakangnya), itu dari teman yang menjualnya dan kebetulan ada nomor seperti itu semua kolektor mobil atau orang tua dengan mobil tua dengan plat nomor kosong , "kata Vinnie.

Plat Nomor Unik Tanpa Huruf Belakang Foto: M luthfi Andika / detik.com

Vinnie juga mengatakan bahwa setelah dia memiliki plat nomor kosong (tanpa huruf belakang), dia lebih mengerti kenapa nomor ini menginginkannya.

“Akhirnya saya punya plat nomor pertama B 1025 (blank) dan saya taruh di range rover. Lalu saya juga punya nomor B 1015 lagi (blank), dan sekarang saya punya plat nomor dua digit B 40,” kata Vinnie.

“Waktu itu saya dikasih tahu teman-teman kenapa plat nomor seperti ini jarang dan disimpan kolektor ya, itu karena sejarah nomor kendaraan bermotor ini sudah ada sejak kendaraan pertama ada di Indonesia. Awalnya semua kendaraan ada di Indonesia blank dibelakangnya. Jumlah mobil di Indonesia akhirnya mulai dikodekan, seperti kode S untuk wilayah Jakarta Selatan, T untuk wilayah Jakarta Timur, "tambah Vinnie.

Tonton video "Review Yaris 2020, Senjata Toyota Melawan Honda Jazz"
[Gambas:Video 20detik]
(lth / din)