California – Antrean mobil listrik buatan pabrikan Amerika, Tesla Motors, semakin banyak. Tesla baru saja menunjukkan sebuah mobil listrik dalam bentuk crossover yang mereka sebut Model Y.

Model Y akan menemani mobil listrik Tesla lainnya yang telah dirilis ke pasar yaitu Model S, Model X, Roadster dan Model 3. Model Y akan menjadi adik dari SUV listrik Model X. SUV anyar ini memiliki platform sedan model 3 yang sama

Tesla akan mulai mengirim mobil ke konsumen pada musim gugur 2020 untuk model Tipe Y Performance, Long Range Rear-Wheel Drive, dan varian Dual-Motor All-Wheel Drive. Untuk model Y standar, yang dijual seharga USD 39.000 atau sekitar Rp 555 juta, itu akan mulai dirilis pada tahun 2021. Uniquely Tesla menyediakan opsi untuk menambahkan kursi penumpang ke 7 kursi dengan dana tambahan USD 3.000. Model Standard Y memiliki jarak jelajah hingga 370 km.

Tesla Model Y Foto: Tesla Motors

Untuk model yang memiliki jarak jauh, Tesla mengklaim bisa mencapai jarak 482 km. Itu berarti cukup untuk berkendara dari Jakarta ke Semarang yang, menurut Google Maps, adalah 445 km. Mobil dengan baterai yang lebih tahan lama dijual dengan harga USD 47.000 atau sekitar Rp. 669 juta.

Dengan motor listriknya, Tesla Model Y dapat berakselerasi 0-100 km per jam dalam 3,5 detik sebelum mencapai kecepatan maksimum 241 km.

Bagian dalam mobil ini dilengkapi dengan atap kaca panoramik yang memanjang dari depan kabin ke belakang menciptakan perasaan lega dan mewah. Seperti Model 3, Tesla Model Y tidak perlu kunci.

Kabin mobil sepertinya tidak memiliki atap karena menggunakan atap panorama yang lebar Foto: Tesla Motors

Untuk membuka pintu, cukup gunakan ponsel pemilik. Layar 15 inci di dasbor akan mengontrol semua kontrol kemudi. (ddn / ddn)