SUV juga merupakan tren pasar di Australia.

REPUBLIKA.CO.ID, SYDNEY – Di pasar dunia, sports utility vehicle (SUV) memang menjadi mobil paling populer. Tidak mengherankan, berbagai pabrikan secara konsisten mengisi pasar dengan berbagai produk SUV andal. Tren pasar yang terjadi di Australia.

Dilansir dari Car Advice, Senin (24/2), mengatakan bahwa akan ada sejumlah produk baru yang akan hadir tahun ini di Australia. Mayoritas, produk yang akan hadir adalah SUV kecil atau produk crossover yang dikenal fungsional, praktis dan tangguh.

Salah satu produk yang siap meramaikan pasar adalah Kia Stonic. Sebenarnya, Kia telah meluncurkan mobil ini pada 2017. Namun, produk yang dirancang khusus oleh Kia itu hanya dihadirkan di Australia pada akhir tahun ini.

Kia sendiri memutuskan untuk membawa produk ke Australia karena melihat pertumbuhan untuk segmen SUV. Melalui produk yang dilengkapi dengan mesin turbo tiga silinder 1 liter, Kia optimis bahwa produk tersebut akan menerima penerimaan positif di pasar negara kanguru.

Selain Kia, Volkswagen juga membantu mewarnai pasar crossover Australia. Pertengahan tahun ini, pabrikan Jerman akan menghadirkan dua produk sekaligus yaitu T-Cross dan T-Roc.

Sementara itu, pabrikan asal Amerika Serikat, Ford, akan menggebrak pasar melalui Ford Puma. Produk ini sendiri dihadirkan melalui kombinasi Ford Fiesta dan Focus yang dikemas dalam bentuk crossover.

Tidak mau ketinggalan, Mercedes-Benz akan meramaikan pasar dengan menghadirkan Mercedes-Benz GLB. Produk ini juga dihadirkan untuk menjembatani dua SUV dari Mercedes-Benz yaitu GLA dan GLB.

Mobil ini dilengkapi dengan mesin yang dikembangkan bersama Renault. Diperkirakan, varian yang akan dihadirkan adalah GLB 200 dan GLB 250. Setiap varian dilengkapi dengan mesin turbo 1,3 liter dan turbo 2 liter.