Jakarta – Memberikan diskon atau diskon ketika sebuah mobil baru saja diperkenalkan sepertinya telah menjadi strategi bersama bagi produsen otomotif di tanah air. Tidak terkecuali, Suzuki Indomobil Sales (SIS), yang langsung memberi diskon kepada Suzuki Ertiga Sport hingga dua digit, meski baru diperkenalkan.

Berdasarkan salah satu tenaga penjualan Suzuki, Ertiga Sport diberi diskon sekitar Rp. 10 juta. Ini tentu saja membuat beberapa penggemar menuai tanda tanya mereka sendiri. Untuk ini, Suzuki Indonesia merespons.

"Jika diskon itu sebenarnya dari ATPM (Brand Holder Sole Agent) hanya memberikan program, sisanya dari masing-masing dealer. Diskon itu juga diberikan berdasarkan kebutuhan pasar. Jika kita melihatnya, memang masyarakat Indonesia punya budaya menawar ketika membeli sesuatu. tidak ada diskon, itu tidak cukup, "kata Makmur, Direktur Penjualan PT Suzuki Indomobil Sales 4W pada peluncuran Suzuki Ertiga Sport di Kota Kasablanka, Jakarta, Jumat (22/3/2019).

"Jadi kami biasanya memberikan program ketika meluncurkan produk. Ya, memang, karena budaya masyarakat Indonesia memang seperti itu (tidak ada diskon atau tidak)," sambungnya.

Di sisi lain, dari skema pembelian mobil Suzuki, dinyatakan bahwa pembayaran rata-rata adalah kredit. Jadi akan lebih mudah untuk membawa pulang mobil jika diberikan diskon.

"Hampir 90 persen pembeli Suzuki adalah kredit. Di mana ada minat kredit. Jadi kita perlu membuat paket. Jadi ini tergantung pada apa kebutuhan pasar, kita harus mencoba menyesuaikan," kata Makmur lagi.

Diskon Ertiga Sport itu sendiri berlaku di berbagai dealer resmi Suzuki Indonesia. Diskon harga bervariasi, tetapi secara keseluruhan berkisar antara Rp. 10 juta.

Suzuki Ertiga Sport dibanderol mulai dari Rp. 241 juta hingga Rp. 251,5 juta untuk transmisi otomatis. Harga ini berbeda sekitar Rp. 11 juta dibandingkan dengan varian Ertiga sebelumnya, tipe GX. (ruk / lth)