Jakarta – Suzuki Ertiga dan Honda Mobilio harus merasakan panasnya persaingan di tengah pasar MPV Rendah di negara ini. Penjualan keduanya tercatat buruk pada awal 2019.

Terdaftar dalam data distribusi partai besar (dari pabrik ke dealer) Asosiasi Industri Otomotif Indonesia (Gaikindo) pada Januari 2019 keduanya harus tersebar di bagian bawah daftar mobil terlaris di Indonesia.

Ertiga yang biasanya bisa menjual sebanyak 2.700 orang per bulan pada 2018, Januari 2019 hanya tercatat 894 unit. Nasib yang lebih buruk dialami oleh Honda Mobilio.

Mobilio bahkan tidak memenuhi pengisian mobil terlaris di negara itu pada bulan pertama tahun 2019. Tercatat bahwa hanya 32 unit Mobilio yang didistribusikan dari pabrik ke dealer Honda di seluruh Indonesia.

Mobilio sendiri memang memiliki model baru yang meluncur pada pertengahan Februari. Tidak banyak yang berubah, setidaknya Mobilio memiliki tampilan yang lebih segar.

Sementara Ertiga dikabarkan akan memiliki varian sport untuk memperkuat mobil andalan Suzuki.

Foto: Instagram @suzuki_id
Persaingan mobil di segmen Low MPV memang cukup ketat. Sebelum Honda meluncurkan Mobilio, Nissan pertama kali datang untuk membawa sesuatu yang baru ke Livina.

Livina berubah total dibanding pendahulunya. Namun bentuk, mesin, hingga interior Livina sangat identik dengan Xpander. Nissan memang memilih platform Xpander pada Livina terbaru dengan harapan mengulangi kesuksesan yang ditulis oleh pesaing utama Avanza di puncak. (kering / ddn)