Jakarta – Beberapa tahun yang lalu Satria F150 dapat dikatakan sebagai tulang punggung Suzuki dalam penjualan sepeda motor di Indonesia. Namun demikian, lama kelamaan pamor motor ini perlahan memudar dari tahun ke tahun karena dominasi skuter menjadi semakin kuat.

Meski begitu, model underbone masih memberikan penjualan yang mencukupi, meski bukan yang paling di antara Suzuki line up sepeda motor di Indonesia.

"Beberapa bulan terakhir penjualan Satria F150 telah meningkat meskipun tidak sebanyak model kami yang lain," kata Marketing Manager PT SIS, Banggas Pardede saat ditemui oleh detikOto di Suzuki Booth pada Indonesia Motorcycle Show (IMOS) 2018 .

Pada bulan Oktober saja, total 10.489 unit penjualan Suzuki grosir dari 1.500 di antaranya berasal dari penjualan Satria F150. Untuk Suzuki sendiri, penjualan terbesar berasal dari Nex II di 3.500 unit.

Pergeseran tren pasar Indonesia saat ini yang menguntungkan skuter dapat dikatakan menjadi kontribusi terhadap penurunan minat konsumen pada sepeda motor yang cukup ikonik saat ini.

Ketua Asosiasi Industri Sepeda Motor Indonesia (AISI), Johanes Loman, mengatakan persentase skuter di Indonesia mencapai 82 persen.

"Saat ini 82 persen adalah skuter, bebek hanya hidup 8-9 persen sementara olahraga tidak turun pada 9-10 persen," kata Loman.

"Skutik menjual karena kepraktisan dan desain yang lebih modis dan dapat digunakan oleh pria atau wanita," kata Johan.

Selain itu, sejumlah line-up baru membuat penjualan sepeda motor Suzuki di Indonesia meningkat dibandingkan tahun lalu. Model seperti seri GSX-R dan Bandit adalah penyegaran di pasar sepeda motor Indonesia.

Pada Oktober 2018 Suzuki menjual 10489 unit sepeda motor di Indonesia.

"Untuk tahun ini kami berhasil menjual 1.0489 unit untuk Oktober saja," kata Banggas.

Dari total penjualannya, Nex II menyumbang total 3500 unit. Skutik yang memang mendominasi penjualan motor Indonesia juga menjadi pelanggan yang memilih Suzuki sebagai kendaraan mereka.

Di bawah Nex II, GSX-R Series mengikuti total penjualan 2.500 unit.

"Selanjutnya, setelah Nex II ada seri GSX-R yang ada di angka 2500. Untuk GSX-R itu sendiri, saya melihat varian memiliki lebih banyak penyiraman," tambah Banggas.

Untuk tempat ketiga, Suzuki Bandit mengikuti seri GSX-R dengan skor 2170.
"Untuk Oktober, bandit terjual 2170 unit, yaitu grosir jika ritel saya belum diperiksa lagi," kata Banggas.

Mengenai penjualan di IMOS itu sendiri, Banggas belum bisa memberikan rincian.

"Untuk IMOS, saya belum terkontrol, hanya jika saya melihat traffic pengunjung IMOS yang saya masukkan cukup banyak di booth kami, itu artinya dari sisi produk itu cukup menarik," pungkas Banggas. (rip / kering)