Jakarta – Presiden Indonesia Joko Widodo (Jokowi) dikenal sering mempromosikan produk buatan lokal. Selain pakaian, jaket dan sepatu, Jokowi juga suka menggunakan helm buatan lokal.

Salah satu helm lokal yang dipilih oleh Jokowi untuk menemani kegiatan berkuda adalah helm buatan Cargloss. Helm bergaya retro ini dibeli oleh Jokowi ketika ia datang ke pameran IMOS pada bulan November 2018.

Ternyata ada cerita menarik di balik proses pembelian helm Cargloss oleh seorang tokoh dari Solo. Menurut Presiden Direktur Cargloss Harry Suherman, Jokowi sebelumnya telah ditawari helm impor Jepang.

"Sebelumnya dihadirkan oleh helm Arai. Karena kita juga melihat, mustahil bagi seorang presiden untuk mengenakan helm yang kelasnya biasa," kata Harry, kepada detikOto, di Pabrik Cargloss, Citeureup, Bogor, Selasa (02) / 12/2019).

Namun akhirnya, orang nomor satu di Indonesia memutuskan untuk membeli helm lokal. "Dia ingin helm (Cargloss) dibuat di Indonesia. Ya, dia telah memilih helmnya sendiri. Dan itu langsung dibayarkan di tempat melalui ajudannya," jelas Harry.

Yang perlu dicatat, helm yang dibeli Jokowi di IMOS 2018 adalah helm tipe Cargloss CF, Retro expresso warna coklat. Helm ini memiliki desain retro, yang memang cocok dengan sepeda motor kustom Jokowi Kawasaki W175.

Helm itu, dibandrol dengan harga Rp220 ribu, terbuat dari plastik ABS dan memiliki PET tanpa pelindung yang dapat melindunginya dari sinar matahari. Bagian dalam helm juga diklaim mudah dilepas dan dicuci. (lua / lth)