Jakarta –

Masih ada sesuatu yang tertahan di Fabio Quartararo setelah ia hanya finis ketujuh di MotoGP Republik Ceko. Ia kini menuding KTM selingkuh dengan produsen ban Michelin.

Quartararo yang memenangi dua balapan pertama MotoGP 2020 di Sirkuit Jerez hanya mampu finis di urutan ketujuh di MotoGP Republik Ceko. Balapan akhirnya memunculkan kejutan ketika Brad Binder yang mengendarai KTM berhasil naik podium teratas.

Dari hasil balapan tersebut, Fabio Quartararo menyuarakan kecurigaan adanya penipuan yang dilakukan oleh KTM dengan Michelin. KTM dan Michelin dituding Quartararo banyak melakukan tes bersama, agar KTM tahu betul ban apa yang dibutuhkan saat balapan di Sirkuit Brno.

"KTM telah melakukan banyak tes di Brno dan Austria dan menurut saya Michelin juga telah bekerja sama dengan mereka untuk menemukan ban yang paling cocok untuk balapan ini (MotoGP Republik Ceko)," ujar quartararo dikutip dari Moto.it.

Quartararo mengatakan dia kehilangan cengkeraman ban selama hampir setengah balapan, yang juga dirasakan oleh banyak pembalap lain. Tapi KTM dan Brad Binder berjalan mulus di sana.

“Saya yakin Michelin telah membawa ban yang tepat berdasarkan apa yang telah mereka lakukan di tes. Jadi mereka (KTM) sudah punya banyak pengalaman bahkan sebelum balapan dimulai,” sambung pembalap Prancis itu.

Quartararo menggunakan ban keras dan lunak pada balapan akhir pekan lalu, sedangkan Binder memilih kombinasi ban keras dan sedang.

Selain Binder, KTM dinilai memiliki kesempatan untuk menempatkan dua pebalapnya di podium pada balapan tersebut. Itu bisa saja terjadi jika Pol Espargaro tidak jatuh setelah bertabrakan dengan Johann Zarco di lap 10.

===

Saksikan live streaming MotoGP Austria di detikOto pada Minggu (16/8) malam pukul 19.00 WIB. Siaran ini juga bisa disaksikan melalui siaran langsung MotoGP di Trans7

Tonton "Quartararo Tercepat dalam Latihan Bebas II MotoGP Ceko 2020"
[Gambas:Video 20detik]
(din / lua)