Jakarta – All New Nissan Livina diproduksi dengan menggunakan basis dari Mitsubishi Xpander. Tidak hanya dari desain eksterior yang mirip-mirip, All New Nissan Livina pun pakai mesin yang identik dengan milik Xpander, yakni 1.500 cc, dengan power 104 Ps di 6.000 rpm dan torsi 141 Nm di 4.000 rpm.

PT Nissan Motor Indonesia berencana memproduksi mesin All New Livina pada tahun depan. “Kalau saat ini pabriknya (masih) di Mitsubishi. Nanti di 2020, Nissan produksi mesinnya (All New Livina),” terang Head of Communication PT Nissan Motor Indonesia, Hana Maharani.

Ke depan, Nissan juga akan membuat mesin untuk Xpander. Tidak hanya Livina, Nissan Motor Indonesia juga membuka peluang untuk memproduksi varian mobil lainnya, asal ada permintaan pasar. “Kalau bicara produksi, nggak cuma Livina, produk-produk lain kan juga pasti kami ada renacana produksi, kami lihat juga dari demand setiap bulannya,” lanjut Hana.

Saat ini pabrik Nissan di Indonesia hanya memproduksi lini mobil murah mereka, Datsun. Sementara sisanya, diproduksi di pabrik lain, dan ada pula varian yang masih diimpor dari negara lain, seperti Terra (Thailand) dan Serena (Jepang).

“Iya (masih banyak yang impor), tapi kami akan tingkatkan juga (produksi dalam negeri), khususnya untuk Datsun. Kami sedang usahakan untuk mengekspor dalam waktu dekat. Dan sebenarnya ada potensi besar (di Datsun), tapi kami belum bisa sebut sekarang,” pungkasnya.Infografis Nissan Livina Foto: Andhika Akbarayansyah

Video: Nissan Livina

[Gambas:Video 20detik]

(lua/ddn)