Honda juga akan meluncurkan aplikasi game mobile.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA – Perkembangan teknologi dan perubahan perilaku dalam komunitas pandemi telah mendorong PT Honda Prospect Motor (HPM) untuk terus mengembangkan inovasi berbasis digital. Tidak hanya mendigitalkan dalam aspek penjualan dan kegiatan promosi, Honda juga menggunakan platform digital untuk mewujudkan komitmennya dalam mempopulerkan balap mobil di Indonesia pada tahun 2020.

Direktur Inovasi Bisnis dan Penjualan & Pemasaran HPM, Yusak Billy mengatakan, tahun ini HPM berkomitmen untuk terus mempopulerkan balap mobil di Indonesia dengan memperluas kegiatan balap secara virtual. "Sejalan dengan semangat Semua Orang Dapat Membawa yang kita bawa, kami percaya bahwa platform digital dapat membawa kesenangan balap kepada lebih banyak orang, terutama selama pandemi yang menyebabkan banyak pembatasan pada kegiatan di luar ruangan," kata Billy pada pers virtual HPM konferensi pada hari Rabu (29/7).

Pada bulan Juni, Honda memperkenalkan Honda Racing Simulator Championship (HRSC), yang merupakan acara balap simulator pertama yang diadakan oleh pabrikan otomotif di Indonesia. Lomba tur virtual ini segera menarik perhatian pecinta balap dan gim di Indonesia. Dalam acara ini lebih dari 200 pendaftar ikut serta dalam babak kualifikasi yang diadakan dari 15 Juni hingga 4 Juli 2020.

Saat ini, sebanyak 60 pembalap telah mengambil bagian dalam acara HRSC yang telah diselenggarakan dalam dua seri di sirkuit virtual Suzuka dan Sepang. Seri lanjutan HRSC akan diadakan lagi setiap akhir pekan dan berlangsung di berbagai sirkuit virtual internasional hingga seri final pada 29 Agustus 2020.

Tidak hanya balap touring virtual, Honda juga akan memperkenalkan game balap Drift berdasarkan aplikasi game mobile. Game berjudul "Brio Virtual Drift Challenge" yang menghadirkan kegembiraan kompetisi Drifting menggunakan Honda Brio akan diluncurkan pada Agustus 2020.

Mengenai balap di lintasan sirkuit, dari tahun ke tahun Honda juga secara konsisten berpartisipasi dalam berbagai acara balap nasional di Indonesia. Melalui tim Honda Racing Indonesia, Honda telah memasuki kejuaraan nasional Indonesian Touring Car Race (ITCR) dan memenangkan gelar nasional melalui pembalap Alvin Bahar pada musim 2019 lalu.

Selain itu, Honda juga secara rutin mengadakan One Make Race Honda Jazz Speed ​​Challenge dan Honda Brio Speed ​​Challenge, serta mengadakan kompetisi Brio Saturday Night Challenge yang terbuka untuk umum.

Sehubungan dengan keterbatasan kegiatan masyarakat akibat pandemi Covid-19 di Indonesia tahun ini, Asosiasi Motor Indonesia (IMI) sebagai induk dari olahraga motor di Indonesia telah memutuskan untuk menghapuskan kejuaraan balap nasional ITCR pada musim 2020. Sebagai tim yang berlaga di kejuaraan nasional ITCR, Honda Racing Indonesia juga memutuskan untuk tidak turun dalam balapan musim ini.

Karena itu, pada kesempatan itu ia juga menekankan bahwa Honda memutuskan untuk tidak mengadakan kejuaraan Tantangan Kecepatan Jazz Honda, Tantangan Kecepatan Brio Honda, dan Tantangan Malam Malam Brio tahun ini. Keputusan itu sejalan dengan arahan pemerintah untuk tidak mengadakan kegiatan yang mengumpulkan massa dalam jumlah besar.

"Meskipun kami tidak akan bersaing di sirkuit pada musim 2020, kami akan tetap fokus pada persiapan tim Honda Racing Indonesia dan merancang kegiatan balap yang lebih seru dan menantang di musim mendatang. Kami juga akan terus memantau kondisi terbaru untuk memfasilitasi para pembalap Honda untuk dapat melatih dan mempersiapkan untuk balapan tahun depan, "katanya.