Jakarta – Taiwan dikenal sebagai salah satu negara dengan peredaran motor listrik yang cukup banyak. Salah satu merek motor listrik yang banyak digunakan di sana adalah Gogoro.

Menurut President Director PT Smart Motor Indonesia, Neo Chen, motor listrik Gogoro di Taiwan sebagian besar digunakan untuk kendaraan bisnis dan bukan digunakan oleh konsumen umum. Harga motor ini pun terbilang murah karena sudah mendapat subsidi dari pemerintah.

“Gogoro bisa jual (banyak) karena di Taiwan ada subsidi. Jadi misal satu unit Gogoro harganya Rp 50 juta, setelah disubsidi pemerintah harganya jadi Rp 35 juta, ini angka kasarnya,” terang Neo, di Jakarta, Kamis (18/4/2019).Motor listrik Gogoro Foto: pool (Gogoro Motorcycle)

Menurut Neo, Gogoro masuk Indonesia tanpa subsidi itu akan mahal. “Di Taiwan subsidi bukan dari potongan pajak. Kalau misalnya Rp 50 juta dia jual Rp 35 juta, Rp 15 jutanya nanti diklaim pihak Gogoro ke pemerintah,” lanjut Neo.

Jika detikOto telusuri, memang fasiitas mendukung perkembangan kendaraan listrik seperti Gogoro Motorcycle. Salah satunya fasilitas ‘swap & go’, fasilitas ini memungkinkan setiap pengendara bisa langsung mengganti baterai di GoStasions. Artinya pengendara motor listrik ini hanya butuh waktu 6 detik untuk bisa mengganti baterai, tanpa harus menunggu lama baterai terisi penuh. (lua/lth)