Jakarta – Sebelum terkenal dengan produk sepeda motor elektrik Gesits, Garansindo Group dikenal sebagai distributor sepeda motor Eropa dan Amerika, seperti Chrysler, Dodge, Fiat, Alfa Romeo, Volvo, Jeep, Ducati, dan Peugeot.

Namun baru-baru ini beberapa nama merek mulai dirilis. Salah satunya adalah Jeep yang kini berada di bawah manajemen PT Hascar International Motor.

Menurut CEO Garansindo Group, Muhammad Al Abdullah, Garansindo kini fokus pada transformasi bisnis.

"Transformasi bisnis yang dimaksud berubah dari distributor / APM menjadi prinsipal merek," kata pria yang akrab disapa Memet, di Jakarta, Kamis (12/6/2018).

Untuk mewujudkan ini, Garansindo akan menjadikan motor listrik Gesit sebagai produk otomotif pertama.

Gesits sendiri adalah motor listrik yang dibuat melalui kesepakatan kerja antara Akademisi-Pemerintah, Badan Usaha Milik Negara (BUMN), dan sektor swasta.

Akademisi diwakili oleh Institut Teknologi Sepuluh Nopember (ITS), Institut Teknologi Bandung (ITB), dan Universitas Sebelas Maret (UNS), sedangkan dari pemerintah ada PT Wijaya Industri dan Konstruksi (WIKON), PT Pindad ( Persero), PT Len Industri (Persero), PT Pertamina (Persero), PT Telekomunikasi Indonesia (Persero) yang diwakili oleh PT Telekomunikasi Selular (Telkomsel), dan PT Gesits Technologies Indo (GTI) dari sektor swasta.

Sementara untuk fasilitas produksi, ada PT WIKON yang bersama PT GTI membentuk perusahaan patungan antara PT Wijaya Manufacturing (PT WIMA), perusahaan baru yang akan memproduksi Gesit di sebuah pabrik yang berlokasi di kawasan industri PT WIKA di Cileungsi, Bogor, Barat. Jawa. (lua / kering)