Jakarta –

Usulan sepeda melintas di jalan tol yang dikemukakan Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan ramai diperbincangkan. Pasalnya, banyak pengendara sepeda yang tidak diperbolehkan melintasi jalan tol, hanya sepeda jalan raya.

Selain itu, sepertinya ada waktu yang tepat untuk bersepeda. Bahkan pada waktu-waktu tertentu pun dijamin bersepeda akan jauh lebih aman, tanpa harus mengakses jalan tol.

Seperti yang disampaikan salah satu karyawan Komunitas Bersepeda Jakarta (JKTCC), Ario Pratomo kepada detikOto. Ario menjelaskan bahwa ada waktu yang tepat untuk berkendara dengan aman.

“Waktu bersepeda yang tepat adalah antara setelah subuh hingga 10. Dan secara umum waktu bersepeda adalah 30 menit hingga 1 jam pada pagi hari,” kata Ario.

Ario pun memberikan tips jitu sebelum bersepeda, baik menggunakan sepeda biasa maupun road bike.

“Ada tips yang berbeda antara menggunakan sepeda biasa dan roadbike. Umumnya pastikan body dalam kondisi fit, pastikan kondisi motor dalam keadaan baik, ingat pergi ke jalan raya / umum artinya aturan lalu lintas berlaku, fokus Jangan semilir sambil ngobrol. Bagian belakang menyebabkan macet, dan akhirnya jangan paksa, kalau capek mampir (stop), "kata Ario.

Adapun tips bagi pengguna road bike, lanjut Ario, selain tips bersepeda lari pada umumnya, aksesori yang sesuai juga harus digunakan.

“Pakai persneling yang sesuai (baju, sepatu, dll), ikuti RC (road captain). Kalau capek berhentilah karena bahaya kalau terpaksa,” tambah Ario.

Tonton Video "Menantang! Mengendarai Perosotan Adrenalin di Jalur C2AM5"
[Gambas:Video 20detik]
(lth / rgr)