Jakarta –

Acara tabrak lari terjadi lagi. Kemarin, Kamis (23/7/2020), seorang petugas Penanganan Infrastruktur dan Layanan Publik (PPSU) Jakarta, meninggal setelah ditabrak oleh sepeda motor. Pengendara sepeda motor melarikan diri dengan tidak bertanggung jawab.

Bahkan, pelaku tabrak lari membuat marah Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan. Dalam akun media sosialnya, Anies menyebut aktor tabrak lari sebagai pengecut.

Ketika terlibat dalam kecelakaan lalu lintas, terutama sebagai penyebab korban, pengendara dilarang melarikan diri. Menurut UU No. 22 tahun 2009 Pasal 231 Ayat 1, pengemudi kendaraan bermotor yang terlibat dalam kecelakaan lalu lintas harus: menghentikan kendaraan yang digerakkan; memberikan bantuan kepada para korban; melaporkan kecelakaan ke Kepolisian Republik Indonesia terdekat; dan memberikan informasi terkait peristiwa kecelakaan.

Namun, beberapa kali pengemudi melarikan diri setelah terlibat dalam kecelakaan karena takut ditelan massa. Meski begitu, ketakutan tertegun oleh massa bukanlah alasan untuk lepas dari tanggung jawab.

Beberapa waktu lalu, praktisi keselamatan mengemudi dan pendiri Jakarta Defensive Driving Consulting (JDDC), Jusri Pulubuhu mengatakan, jika pengemudi terlibat dalam kecelakaan dan melarikan diri untuk menghindari amukan kerumunan, segera berhenti di tempat yang aman jika situasinya tidak mungkin berhenti di tempat kejadian. Pengemudi yang terlibat dalam kecelakaan dapat berhenti di kantor polisi terdekat dan melaporkan kejadian itu.

"Karena nama hit-and-run sanksi hukum berbeda dengan penyerahan. Jika dia melaporkan itu penyerahan," kata Jusri beberapa waktu lalu.

Diatur dalam UU No. 22 tahun 2009 Pasal 312, pengendara yang terlibat dalam kecelakaan lalu lintas dan tidak sengaja menghentikan kendaraan mereka, tidak memberikan bantuan, atau tidak melaporkan kepada polisi tanpa alasan yang tepat, akan dikenakan sanksi berat. Hukumannya adalah penjara maksimum tiga tahun atau denda maksimal Rp. 75 juta.

Lihat video "Tabrak lari di Matraman, 2 Motorcycle Ringsek"
[Gambas:Video 20detik]
(rgr / din)