Penghargaan ini merupakan perwujudan penghargaan TAM untuk menghadirkan platform media digital.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA – Keberhasilan PT Toyota Astra Motor (TAM) mengembangkan program pemasaran berbasis digital yang menarik pelanggan untuk mendapatkan apresiasi dari pemasaran digital dan media sosial.

Hasil survei yang dilakukan oleh Media Tepercaya yang Terhubung dengan Story Factory Grid dan Grid Voice pada platform media digital yang dikembangkan oleh berbagai perusahaan di Indonesia dalam mendukung pemasaran produk, menetapkan TAM sebagai pemenang Implementasi Pemasaran Konten Terbaik di Kategori Otomotif dan The Penggunaan Terbaik Youtube dalam Implementasi Pemasaran Konten dalam acara Indonesia Content Marketing Award (ICMA) 2019.

Manajer Umum Eksekutif TAM, Fransiscus Soerjopranoto mengatakan, penghargaan ini merupakan bentuk apresiasi atas keseriusan TAM dalam menghadirkan berbagai platform media digital. Ini adalah saluran komunikasi dalam mendukung program pemasaran digital dengan konten yang mampu memberikan pengalaman terbaik bagi pelanggan.

"Termasuk penggunaan saluran Youtube yang kami harap akan dapat memberikan informasi yang lebih mudah dan lebih menarik bagi pelanggan di era digital saat ini," kata Fransiscus Soerjopranoto dalam pernyataan pers, Senin (1/4).

ICMA 2019 adalah penghargaan yang diberikan kepada merek atau institusi di Indonesia untuk kreativitas dan upaya mereka dalam menerapkan strategi pemasaran melalui konten media digital. TAM sebagai perusahaan pemegang merek mobil Toyota (APM) memenangkan Pengalaman Pelanggan Terbaik pada Media Digital dalam acara ICMA 2019 karena dianggap berhasil menyajikan konten media digital interaktif, kreatif, inspiratif, dan interaktif kepada pelanggan dalam mendukung program pemasaran digital mereka. .

Dalam survei yang dilakukan, TAM dengan merek Toyotanya dianggap konsisten dan berhasil dalam memperhatikan proses pemasaran konten untuk media digital yang dikelola, termasuk mengembangkan strategi yang tepat dalam menentukan tujuan, target audiens, rencana konten, dan optimalisasi konten. TAM juga dianggap mampu mengukur kinerja dan dampak dari berbagai bentuk konten media digital, seperti jumlah kunjungan, tampilan halaman, keterlibatan, dan lainnya.

Selain itu, TAM melalui konten media digitalnya memiliki kemampuan untuk menyelesaikan masalah dengan cara baru dan memiliki ide-ide kuat dalam mengembangkan strategi konten pemasaran yang menarik. Sementara dalam hal relevansi, TAM dianggap mampu mengembangkan konten pemasaran yang relevan dengan positioning merek, tujuan dan target audiens.

Era industri digital yang dinamis saat ini merupakan tantangan bagi kami dalam menyajikan konten media digital yang mampu mendukung kegiatan pemasaran untuk kemajuan bisnis TAM. Oleh karena itu, selain memilih dan memanfaatkan saluran komunikasi yang tepat, TAM juga harus jeli dalam menyajikan konten media digital yang kreatif dan bermakna dalam upaya membangun keterlibatan dengan pelanggan, "katanya.

Komitmen dan pemanfaatan saluran digital adalah bagian dari strategi TAM dengan merek Toyotanya untuk menghadapi iklim persaingan pasar otomotif yang semakin ketat dan kondisi konsumen yang semakin pintar dan kritis di era digital saat ini. Pendekatan digital pertama dilakukan melalui situs resmi Toyota Indonesia.

Selain melalui situs resmi, lanjutnya, Toyota Indonesia juga hadir melalui berbagai platform seperti Youtube Toyota Indonesia, yang sudah memiliki lebih dari 340 ribu pelanggan, sebagai saluran otomotif pertama di Indonesia yang berhasil mendapatkan "Tombol Perak" . Saluran Youtube Toyota Indonesia menempati peringkat ke-2 di antara saluran Youtube Toyota di seluruh dunia setelah saluran Toyota Youtube di Arab Saudi dan menempati urutan pertama di antara merek saluran Youtube merek otomotif di Indonesia.

Selain itu, Toyota juga dilengkapi dengan platform media sosial Facebook ToyotaID, akun Twitter @TototaID, dan Instagram @toyotaID, yang semuanya berada di peringkat # 1 di antara pembuat mobil & # 39; akun media sosial di Indonesia.

Bahkan baru-baru ini, TAM sebagai distributor tunggal kendaraan Toyota di Indonesia juga telah menambahkan line-up pendekatan digitalnya dengan secara resmi meluncurkan Toyota Interactive Virtual Assistant atau disebut "TARRA". TARRA hadir sebagai langkah transformasi digital dalam menanggapi kebutuhan pelanggan dengan lebih cepat, efektif dan efisien, karena TARRA mampu merespons secara real time dan personal, 24 jam 7 hari.

Direktur Pemasaran TAM, Anton Jimmi Suwandy, mengatakan bahwa berbagai kegiatan kaizen atau peningkatan yang tak terhitung jumlahnya di semua bidang dilakukan untuk menjawab kebutuhan pelanggan yang beragam dan pasar yang semakin dinamis, dan untuk memberikan yang terbaik kepada pelanggan.

"Kami selalu berusaha memberikan fasilitas yang melebihi harapan pelanggan dalam mengakses berbagai informasi dan referensi tentang produk, teknologi, dan layanan yang dibutuhkan melalui berbagai saluran media sesuai dengan perkembangan teknologi," kata Anton Jimmi Suwandy.