Jakarta – Di masa depan orang yang mengalami kekurangan tidak akan lagi mengalami kesulitan dengan berbagai teknologi yang dikembangkan. Seperti tangan bionic yang khusus digunakan untuk mengendarai sepeda motor ini.

Munculnya teknologi 3-D printing bersamaan dengan peningkatan daya pemrosesan dan prosesor yang lebih kecil memungkinkan organ tubuh palsu bekerja secara bionic.

Konsep ini diciptakan oleh seorang mahasiswa bernama Tom Hylton. Ide itu dilandasi karena menurutnya sepeda motor tidak hanya bisa dinikmati oleh orang yang memiliki organ tubuh lengkap.

Dalam konsepnya lengan bionik ini menempel pada pengendara di bahu, dan dihubungkan ke stang sepeda motor. Tangan bionik ini tidak memerlukan jari atau telapak tangan. Pengendara dapat mempercepat dan mengurangi kecepatan sepeda motor melalui lengan tanpa menggunakan tangan pada throttle twist tradisional.

Lengan bionik Ini telah dirancang untuk pengendara sepeda motor profesional yang tangannya diamputasi. Lengan bionik ini berfungsi untuk memberikan perintah dan kontrol langsung ke sepeda motor yang mereka naiki.

Hingga saat ini belum ada lengan atau kaki palsu dirancang bekerja baik gas atau rem. Lengan bionik ini tentunya akan menjadi teknologi yang sangat menarik untuk semua pembalap yang telah kehilangan anggota tubuh atau calon pembalap masa depan yang dilahirkan tanpa kaki dan atau tangan.

Tangan Robot untuk pengendara motor Foto: Pool (Drivespark)

“Motor dan prostetik berkomunikasi satu sama lain dengan pengendara untuk menghitung sudut miring yang tepat dan membantu posisi tubuh. Teknologi ini juga bisa secara otomatis memisahkan diri dari pengendara jika terjadi kecelakaan. Lengan bionik ini bisa digunakan untuk trans-humerus dan trans-humeral dan saya sedang merancang bagian kaki,” ujar Hylton.

Saat ini lengan bionik masih dalam bentuk konsep dan belum diproduksi atau tersedia untuk pembelian. (rip/lth)