Jakarta – PT Astra Honda Motor (AHM) baru saja secara resmi melahirkan sepeda motor listrik pertamanya, Honda PCX Electric. Namun sayangnya, sepeda motor belum dijual ke masyarakat umum tetapi disewa ke berbagai lembaga atau perusahaan pemerintah yang membutuhkannya.

Karena, AHM masih ingin melakukan studi lebih lanjut sebelum dipasarkan secara umum. Meski seperti itu, detikOto bersama beberapa jurnalis lainnya mendapat kesempatan pertama untuk mencoba sensasi berkendara dengan Honda PCX Electric.

detikOto menguji Honda PCX Electric Foto: Pradita Utama

Kesempatan untuk mencoba Honda PCX Electric dilakukan di salah satu kios JI Expo, Jakarta Pusat. Menggunakan beberapa pembagi jalan, jadilah trek sederhana yang dapat digunakan untuk merasakan PCX listrik untuk pertama kalinya.

Sebenarnya tidak ada perbedaan spesifik untuk listrik PCX dibandingkan dengan yang konvensional atau berbahan bakar minyak. Hanya aksen putih dan biru pada logo yang menunjukkan bahwa sepeda motor termasuk dalam kategori rendah emisi.

Motor juga terlihat sedikit lebih lama karena di dalam kopernya terpasang dua baterai berukuran 50,4 volt yang disuplai dengan kabel listrik. Tapi itu tidak mengubah sensasi berkendara. Dan ya, perlu diketahui bahwa PCX elektrik tidak memiliki bagasi luas seperti varian konvensional.

Pertama duduk di PCX electric detik, Anda tidak merasakan perbedaan apa pun. Hanya saja ketika menyalakan motor, pengemudi akan cukup bingung karena tidak ada suara atau getaran yang menandakan PCX siap untuk dikendarai.

Honda PCX Electric Foto: Pradita Utama

Tapi tenang, Honda sudah memikirkan ini. Oleh karena itu indikator kecil terpasang di sebelah kanan speedometer yang menunjukkan bahwa motor siap digerakkan atau tidak. Tanda bertuliskan & # 39; Siap & # 39; berwarna hijau.

Honda PCX Electric Foto: Pradita Utama

Akselerasi PCX Electric sudah cukup untuk menendang meskipun terkadang energinya seperti tertahan. Berbeda dengan versi hybrid yang benar-benar responsif.

Honda PCX Electric Foto: Pradita Utama

Bagi pecinta kecepatan, listrik PCX tampaknya menjadi salah satu kepuasan. Karena untuk mencapai 60 km / jam terbilang cepat. Entah motor dapat naik ke kecepatan apa dalam 5 detik. Karena area test test sangat terbatas.

Hanya dua detik untuk mencoba listrik PCX, instruktur telah menurunkan bendera merah. Menunjukkan tanggal pertama dengan sepeda motor listrik pertama dari Honda selesai.

Di atas kertas, Honda mengklaim bahwa motor dapat mencapai torsi 18 Nm pada 500 rpm dan mampu menempuh hingga 69 km dengan kecepatan 40 km / jam terus-menerus.

Untuk fitur lainnya, Honda PCX Electric dilengkapi dengan rem cakram dengan ABS dan speedometer yang menyediakan berbagai informasi tentang sepeda motor. (ruk / ddn)