Jakarta – Rio Haryanto sudah lama tidak terdengar tetapi, saat ini ia adalah salah satu pembalap T2 Motorsport utama yang akan bersaing di Blancpain GT World Challenge Asia 2019 menggunakan Ferrari 488 GT.

Mantan pembalap F1 itu akan menjadi rekan setim David Tjiptobiantoro, yang telah berpartisipasi dalam balapan GT. Kepala Tim T2 Irmawan Motorsport Irmawan Pedjoadji mengungkapkan bahwa peluangnya cukup besar untuk menjadi juara.

"Kehadiran Rio tentu saja memberikan penyegaran dan antusiasme baru bagi tim. Kami optimis bahwa dengan Rio dan David kami akan membawa kembali piala yang dapat membuat Indonesia bangga di kancah internasional," kata Irmawan pada konferensi pers di Kemang, Korea Selatan. Jakarta, Jumat (22/3/2019).

Targetnya, dua pembalap Indonesia ini bisa menjadi juara umum dalam seri 2019 Blancpain GT World Challenge untuk mendapat tempat di kejuaraan Le Mans 24 Jam, Prancis pada 2020.

"Musim ini khusus untuk T2, bergabungnya Rio ke tim kami. Kami sebagai tim tepercaya dapat memenangkan kejuaraan dan target akhir adalah mendapatkan kursi Le Mans 24 jam," kata David.

Rio sendiri mengaku siap meski belum sepenuhnya hilang selama dua tahun di dunia balap. Tapi dia dikenal selalu menjaga stamina dan terus mengasah perasaannya.

"Saya akan kembali ke dasar-dasar, berlatih karting dan saya juga telah mencoba simulator. Sisanya adalah pelatihan fisik. Saya sendiri sudah 100 persen siap, satu-satunya kekurangannya adalah kami belum berlatih di sirkuit. Nanti akan ada sesi pelatihan pada April 3-4 sebelum lomba dimulai, "kata Rio. (riar / lth)